BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI
Pemerintahan

Hadiri Kegiatan di Luar Kota, Bupati Anas Rapat Soal Kesehatan Secara Online

"Saya berharap bapak ibu melaksanakan kebijakan daerah di wilayah kerja masing-masing," kata Anas.

Oleh: Muhammad Hasits 23 November 2018 12:59
Bupati Anas

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar rapat untuk membahas peningkatan layanan kesehatan melalui aplikasi panggilan video FiceTime dengan kepala-kepala puskesmas yang berkumpul di aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, Kamis (22/11). Hal itu dilakukan saat berada di Surabaya, setelah menjadi pembicara dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema "Membangun Indonesia dalam Perspektif Peningkatan Daya Saing Daerah."

Anas mengatakan kunjungan-kunjungan ke luar daerah yang kerap dilakukannya sebetulnya tidak termasuk dalam tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai bupati. Namun sebagai upaya promosi pariwisata Bumi Blambangan, kegiatan-kegiatan di luar daerah tetap diikutinya meski tanpa honor yang masuk ke kantong pribadi.

Sedangkan urusan kordinasi dengan pimpinan-pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilakukan secara online, atau di kesempatan-kesempatan lain dengan mengefektifkan dan mengefisienkan waktu. Misalnya dengan menggelar rapat dan membangun komunikasi 2 arah secara online.


"Bapak dan ibu kepala puskesmas sekalian adalah wakil-wakil saya di tingkat kecamatan. Saya berharap bapak ibu melaksanakan kebijakan daerah di wilayah kerja masing-masing," kata Anas.

Dia lalu memaparkan untuk melaksanakannya, kepala-kepala puskesmas harus memiliki leadership dan inovasi yang menjadi solusi atas berbagai permasalahan di masing-masing wilayah.

Anas mencontohkan perkembangan Bandara Banyuwangi yang akan segera menjadi bandara internasional akhir tahun 2018 dan mendapatkan banyak apresiasi. Dia mengatakan bila Banyuwangi hanya menerima nasib penerbangan internasional bisanya dikerjakan di Bandara Juanda, hasil yang sekarang ada tidak akan pernah tercapai.

Pimpinan-pimpinan puskesmas tidak boleh hanya berpangku tangan, dan harus terus melakukan upaya menyelesaikan masalah kesehatan di wilayahnya. Anas meyakinkan setelah kerja keras dan kerja cerdas dilakukan puskesmas-puskesmas, hasilnya pasti dinikmati bersama berupa prestasi atas meningkatnya kesehatan masyarakat.

"Kalau hanya mengandalkan anggaran tidak mungkin bandara kita bisa berkembang seperti sekarang. Inovasi-inovasi yang solutif sangat penting untuk diterapkan," katanya lagi.

Kepala UPTD Puskesmas Genteng Kulon dan Puskesmas Jajag - Gambiran, Yos Hermawan, menyampaikan beberapa perkembangan wisata di wilayah tugasnya. Dia mengharapkan mendapatkan petunjuk inovasi apa yang bisa dibangun dengan berkolaborasi bersama pihak lain di luar tugas pokok puskesmas.

"Silakan melakukan kegiatan pengecekan kesehatan makanan yang dijual di lokasi pariwisata, termasuk di sekolah-sekolah. Juga dengan membuat acara edukasi kuliner bersih dan sehat dengan mendatangkan pelatih chef hotel-hotel berbintang," jawab Anas.

Sedangkan Kepala Puskesmas Kertosari Wahyu Primawati mengusulkan adanya kebijakan yang mewajibkan anak-anak menerima imunisasi, misalnya sebagai persyaratan masuk sekolah. Pasalnya meski jumlahnya sangat sedikit, masih ada orang tua yang enggan mengikutkan anak-anaknya dalam program imunisasi.

Selain itu ada persoalan kekurangan apoteker di puskesmas-puskesmas, sehingga perlu langkah-langkah untuk mencukupi kebutuhan pelayanan masyarakat. Wahyu meminta agar kiranya permasalahan itu dicarikan jalan keluar.

Anas kemudian mengajak segenap kepala puskesmas untuk mencari solusi bersama-sama, di mana memang Banyuwangi kekurangan ratusan tenaga kesehatan. Dia kembali mendorong munculnya inovasi yang bisa jadi jalan keluar permasalahan kekurangan tenaga tersebut.

"Saya berpesan agar kebersihan puskesmas terjaga. Tata ruang dan pengaturan tanaman bunga juga harus diperhatikan agar tamu-tamu yang melakukan studi banding merasa nyaman saat berkunjung," kata Bupati Anas.

(mh)

Laporan: Ahmad Suudi

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI