BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI
Info Banyuwangi

Menikmati Supermoon yang muncul 70 tahun sekali di Pantai Boom

Dari pantauan Merdeka Banyuwangi, sekitar pukul 19.00 WIB fenomena Supermoon sudah berada dengan sudut 15 derajat dari pandangan.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 15 November 2016 09:36
Menikmati Supermoon di Pantai Boom

Merdeka.com, Banyuwangi - Puluhan pengunjung wisata pantai terlihat tidak ingin melewatkan fenomena alam Supermoon yang terjadi 70 tahun sekali. Supermoon merupakan fenomena bulan tampak lebih besar dan terang dibandingkan saat tanggal purnama lainnya.

Saat bulan tampak jelas dilihat dari pesisir pantai Boom, para pengunjung mulai asik memandanginya. Ada yang melihat sambil duduk di pinggir pantai, berbaring di peneduh payung pantai, dan ber-selfie dengan background Supermoon.

Pengunjung menikmati Supermoon dari pinggir Pantai Boom
© 2016 merdeka.com/Mohammad Ulil Albab

Salah satu pengunjung wisata Pantai Boom, Erwin, juga punya cara lain menikmati Supermoon. Bersama lima temannya yang tergabung dalam Banyuwangi Fotografi Community, Erwin mengabadikan fenomena alam Supermoon dalam bingkai lensa kameranya masing-masing.

"Kami di sini mulai jam 5 sore tadi. Tapi tadi cuacanya mendung, jadi baru bisa terlihat jelas setelah habis magrib," jelas Erwin kepada Merdeka Banyuwangi, sambil sesekali terus memotret Supermoon, Senin malam (14/11).

Erwin dan teman-temannya mengetahui akan terjadi fenomena alam yang langka, dari informasi media online dan jejaring sosial. Dari informasi yang beredar, puncak bulan akan terlihat besar sekitar antara pukul 18.00-19.00 WIB. Dari situ dia dan teman-temannya tidak ingin melewatkan momentum tersebut dan berangkat sejak pukul 17.00 WIB.
 

Banyuwangi Fotografi Community sedang mengadakan fenomena Supermoon yang muncul 70 tahun sekali
© 2016 merdeka.com/Mohammad Ulil Albab

"Hasilnya mau diupload. Rencananya juga mau diikutkan pameran foto tanggal 5-12 Desember nanti. Tentang budaya, foto lanscape, termasuk tentang event festival Banyuwangi. Intinya ingin mengenalkan Banyuwangi lewat foto lah," ujar Bendahara Banyuwangi Fotografi Community, Arif menambahkan.

Dari pantauan Merdeka Banyuwangi, sekitar pukul 19.00 WIB fenomena Supermoon sudah berada dengan sudut 15 derajat dari pandangan tepi Pantai Boom. Besar bulan sekilas memang tampak sama dibanding di saat tanggal purnama lainnya. Namun cahayanya tampak lebih terang.

(ff/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI