BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI
Info Banyuwangi

Wapres Jusuf Kalla apresiasi sistem pelayanan publik di Banyuwangi

"Saya ingin memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Bupati Banyuwangi dan juga Gubernur Jatim, atas usaha dan prestasinya," kata JK.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 16 Desember 2016 09:50
Wapres Jusuf Kalla di Banyuwangi

Merdeka.com, Banyuwangi - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi apresiasi inovasi pelayanan publik yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Hal ini disampaikan Wapres JK usai melihat sekolah pilot, Terminal Bandara Blimbingsari dan pelayanan publik di Pendopo dan Kantor Pemda Banyuwangi.

Wapres Jusuf Kalla bersama rombongan bisa melihat pelayanan publik secara langsung karena bertepatan dengan Festival Pelayanan Publik yang sedang digelar Pemkab Banyuwangi.

Dalam event tersebut, semua orang bisa tahu bagaimana proses pelayanan publik di Banyuwangi, seperti pengurusan Surat Pernyataan Miskin (SPM), program lahir procot pulang bawa akta, transparansi keuangan daerah, Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP), e-village budgeting dan monitoring.

"Saya ingin memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Bupati Banyuwangi dan juga Gubernur Jatim, atas usaha dan prestasinya membangun daerah. Kita baru saja melihat bagaimana efisiensi yang dijalankan dan inovasi yang diberikan baik kepada pemerintah juga masyarakat di daerah ini," ujar Jusuf Kalla, Kamis (15/12).

Wapres Jusuf Kalla yang akrab dipanggil JK ini melanjutkan, inovasi pelayanan publik yang efisien di Banyuwangi, bisa menjadi contoh untuk daerah lain. Sehingga, secara perlahan daerah-daerah di tingkat provinsi dan kabupaten maju. Apalagi dengan sistem keterbukaan masalah anggaran keuangan daerah bisa mengatasi masalah korupsi.

"Memberi contoh kepada daerah lain, bagaimana mengelola daerah yang baik dan efisien. Dan keterbukaan. Karena dengan cara itu lah, maka daerah kita bisa maju, bisa mengatasi masalah-masalah korupsi dengan keterbukaan. Hal-hal tadi menjadi perhatian, seperti percepatan bandara dan sebagainya memang sangat penting," paparnya.

Apalagi terkait pelayanan publik, kata JK, memang perlu dioptimalkan. Sehingga pegawai negeri bisa menjalankan tugas lebih maksimal. "Rakyat ini harus mendapatkan pelayanan yang baik, tepat dan cepat. Pegawai Negeri itu tugasnya melayani masyarakat. Intinya pelayanan. Jadi pelayanan yang tepat dan cepat itulah yang terbaik," ujarnya.

Selama keliling melihat pelayanan publik di Pemkab Banyuwangi, JK didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga sempat mengunjungi ruang pelayanan publik di Lounge Pemda. Di sana, JK dikenalkan sebuah tempat tunggu pelayanan yang nyaman dan bagaimana membuat masyarakat tidak bosan menunggu.

JK juga sempat menikmati hidangan beras kencur yang disajikan. "Di lounge inilah, wajah pelayanan publik Banyuwangi bisa dilihat," kata Anas saat menemani JK.

(mt/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI