BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. KULINER
Khas Banyuwangi

Durian Songgon Banyuwangi diburu pengunjung Agro Expo 2016

Durian ini tak kalah dengan durian merah.

Oleh: Suci Rachmaningtyas 11 April 2016 16:21

Merdeka.com, Banyuwangi - Durian asli kecamatan Songgon diburu pengunjung. Salah satu produk agroindustri tersebut dijual dalam Festival Agro Ekspo 2016 di Taman Blambangan. Acara tersebut dihelat dari tanggal 9 hingga 13 April 2016.

Salah satu stan tenda yang disesaki pengunjung adalah milik LMDH Green Forest Desa Rowobayu, Songgon. Mayoritas pengunjung mencari durian merah. Namun sayang, stok durian khas Banyuwangi tersebut belum tersedia.

“Kalau yang merah itu sekitar akhir bulan ini karena paling lambat (proses panen). Tadi ada durian oranye tapi sudah habis,” terang Nunik, penjual dari LMDH Green Forest.

Namun absennya durian merah tak menyurutkan salah satu pecinta durian asal kota Situbondo. Budi (55) memborong durian lokal Songgon 4 buah. Semua durian itu ia buka di tempat dan dimasukkan ke dalam wadah plastik berukuran sedang.

“Cari durian merah tapi ngga ada. Tapi ini enak daripada yang tadi,” aku Budi sembari melahap durian yang disajikan si penjual.

Tak hanya durian, LMDH Green Forest Songgon juga membawa buah Langsat sebanyak 50 kg dan buah manggis 1 kwintal perharinya. Di sana, harga durian dipatok hanya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 60.000. Sementara sekilogram Manggis Rp 10.000 dan langsat Rp 12.000.

“Kapan lalu beli juga segini (harga) belinya, di sini ternyata sama. Beli 2 kilo Manggis untuk oleh-oleh di rumah,” terang Sucipto asal kecamatan Kalibaru.

(mh/sr)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI