BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. LAPAK
Seni dan Budaya

Toko Singo Barong, jual kerajinan seni untuk lestarikan budaya

Pengunjung bisa memesan bila ingin mendapatkan kerajinan seni sesuai ukurannya.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 30 April 2016 16:21

Merdeka.com, Banyuwangi - Bila Anda melewati Jalan Basuki Rahmat, Banyuwangi, sempatkan mampir di toko Singo Barong. Di sana Anda akan menemukan beragam kerajinan seni khas budaya Banyuwangi. Beberapa di antaranya ada kerajinan Barong, pitik-pitikan dan kucing-kucingan. Ada juga peralatan musik mulai dari gendang, saron dan angklung.

Semua peralatan kesenian tersebut tidak hanya untuk orang dewasa atau pelaku seni. Melainkan juga menjual kerajinan seni yang didesain untuk permainan anak-anak. Apalagi, kata Linda (24), penjaga toko Singo Barong, yang seringkali membeli justru anak anak.

Bisa dikatakan, toko Singo Barong turut serta melestarikan budaya daerah lewat hasil kerajinannya agar sejak dini anak-anak sudah bisa dekat dengan kesenian daerah.

“Meski barong yang besar itu, ada juga anak-anak SD yang dibelikan sama orang tuanya. Ada juga yang pesan ke Bapak agar dibuatkan sesuai ukuran anak-anak,” jelas Linda, kepada Merdeka Banyuwangi, Sabtu (30/40.

Kerajinan seni di toko Singo Barong, kata Linda merupakan karya dari Suripto, Ayah Linda sendiri. “Jualan di toko seperti ini masih satu tahun. Sebelumnya hanya menerima pesanan saja,” lanjutnya.

Soal harga, kerajinan seni tersebut memang cukup mahal. Namun sangat sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan dan nilai seni kerajinan. Barong Prejeng untuk usia dewasa dihargai Rp 800 ribu, Barong Rogo mencapai Rp 1 juta. Untuk ukuran, dua kerajinan seni tersebut terlihat paling besar di antara yang lain.

Selain itu, untuk harga kerajinan seni Kucing-kucingan untuk usia dewasa senilai Rp 250 sampai 200 ribu. Sedangkan Pitik-pitikan mencapai Rp 650 ribu. Terutama untuk bagian kepala kerajinan yang terbuat dari bahan kayu.

Desai kerajinan seni untuk anak-anak, harganya relatif terjangkau. Replika pelaku seni yang sedang memainkan barong dijual dengan harga Rp 250 ribu. Topeng Barong Caplok terbuat dari gabus dihargai Rp 17 ribu.

Linda menjelaskan, Toko Singo Barong memang menjual kerajinan seni untuk pertunjukan dan untuk permainan anak-anak. “Untuk musik, ada alat musik saron, gendang, angklung untuk mainan dan sungguhan (untuk orang dewasa)."

Di sana, pengunjung bisa memesan bila ingin mendapatkan kerajinan seni sesuai ukurannya. Toko Singo Barong juga menjual omprok gandrung dan udeng khas Using. Toko ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai sore hari.

 

(mh/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI