BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. LAPAK
Info Banyuwangi

UMKM di Banyuwangi sambut baik hadirnya banyuwangi-mall.com

"Sangat bermanfaat sekali bagi kami, setahu saya tidak ada daerah yang turun langsung membantu memasarkan dengan cara seperti ini," ujar Anita.

Oleh: Farah Fuadona 27 April 2016 14:12
banyuwangi-mall.com

Merdeka.com, Banyuwangi - Pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Banyuwangi antusias menyambut adanya situs belanja online banyuwangi-mall.com yang baru saja diluncurkan. Dengan adanya situs belanja dalam jaringan (daring) atau online ini sangat membantu promosi usaha mereka.

Salah satunya pemilik rumah batik Canting Mustika di Banyuwangi, Feriyanto (46) mengaku sejak bergabung dalam banyuwangi-mall.com jangkauan usaha batiknya kian meluas, "jangkauan promosi semakin luas ke berbagai daerah. Saya sudah mendapatkan banyak order. Saya optimis melalui banyuwangi-mall.com penjualan batik saya akan meningkat dan yang membuat senang, pelanggannya datang dari berbagai kota besar, seperti Surabaya dan Bandung," kata Feri seperti dilansir dari Antara.

Feri menambahkan, selain mampu mendongkrak pendapatan para pelaku UMKM. Tempat pemasaran digital itu juga bisa menjadi stimulan kreativitas para pelaku UMKM di Banyuwangi.

"Setelah tahu pelanggan sudah mulai banyak dan meluas ke luar daerah, saya semakin terpacu untuk berkreasi. Saya akan menciptakan motif-motif batik yang baru dan pasti edisi terbatas supaya pelanggan puas dan tetap setia membeli batik saya," kata dia.

Banyuwangi-mall.com merupakan situs belanja khusus bagi pelaku UMKM Banyuwangi untuk memasarkan produk unggulan mereka yang beralamatkan di www.banyuwangi-mall.com. Situs itu kini dikelola oleh manajemen Rumah Kreatif.

Anita Yuni yang selama ini menekuni pembuatan aksesoris perempuan menyatakan keberadaan banyuwangi-mall.com sangat membantu memasarkan produk-produknya. "Sangat bermanfaat sekali bagi kami, setahu saya tidak ada daerah yang turun langsung membantu memasarkan dengan cara yang kekinian seperti ini. Apalagi orang zaman sekarang kalau mau beli produk tinggal buka HP-nya," ujar pemilik merek Hijabox ini.

Anita optimistis produknya lebih cepat dikenal dengan cara pemasaran model daring ini. Bahkan Anita telah mematok target setelah sukses menjual aksesoris ini, dalam waktu dekat akan segera memasarkan baju rancangannya lewat situs tersebut.

Ia juga dikenal sebagai fashion desainer yang konsisten mengangkat batik Banyuwangi menggunakan pewarna alami. "Dalam waktu dekat segera koleksi rancangan baju saya akan kami bawa ke Rumah Kreatif untuk diproses dan dipasarkan di banyuwangi-mall.com," ujar Anita.

Rumah Kreatif adalah sebuah bangunan yang didirikan Pemkab Banyuwangi sebagai pusat operasional banyuwangi-mall.com. Di gedung ini, aktivitas pengembangan produk mulai dari administrasi, penanganan order, pengiriman barang, hingga kegiatan kreatif, seperti pemotretan produk dan desain grafis UMKM dilakukan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Banyuwangi Alief Rahman Kartiono mengatakan sebelum diproses di Rumah Kreatif. Setiap UMKM yang hendak berpromosi produk di banyuwangi-mall.com wajib dilakukan verifikasi di Klinik UMKM yang ada di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM.

Di klinik itu, kata dia, semua produk yang hendak dipasarkan akan diteliti mulai dari kualitasnya, keabsahan produknya apakah UMKM tersebut sebagai produsen atau perantara.

"Jadi UMKM yang akan masuk ke Banyuwangi Mall digodok di Klinik UMKM dan Rumah Kreatif ini, akan diperiksa mutu dan kemasan produknya. Yang belum memenuhi syarat, misalnya perlu uji laboratorium keamanan pangan maka akan diarahkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk mendapatkan fasilitasi uji laboratorium gratis," kata Alief.

(ff)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI