BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA
Pariwisata

Yuk, nikmati serunya arung jeram di Karo Adventure

Selain tantangan menyusuri derasnya air, wisatawan akan merasakan sensasi melewati dam setinggi tiga meter.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 4 Mei 2017 10:17
Peserta menikmati arung jeram di Karo Adventure

Merdeka.com, Banyuwangi - Bagi pencinta olahraga sekaligus refreshing alam, wisatawan bisa mencoba serunya arung jeram di wisata Kaki Raong (Karo) Adventure, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh Karo Adventure bila ingin menikmati sensasi arung jeram. Ada paket fun trip, wonderfull dan loong trip.

Dari semua kategori paket arung jeram, pihak Karo Adventure Akan memberikan materi edukasi bagaimana standar keamanan berolahraga arung jeram. Mulai dari pengenalan, tata cara safety body, sampai teknik pertolongan pertama.

"Karena ini masuk salah satu kegiatan outdor yang berbahaya di dunia. Seperti para layang, panjat tebing dan rafting (arung jeram)," ujar salah satu tim Karo Adventure, Baim Saputra, pekan lalu.

Setelah diberi tahu materi dasar keselamatan dan teori arung jeram, wisatawan akan tetap didampingi oleh satu orang pemandu dalam setiap perahu karet yang berisi maksimal lima orang.

Perjalanan menuju lokasi start rafting bermacam-macam, tergantung jenis paket yang dipilih. Ada yang menempuh jarak naik arung jeram sampai dua kilometer hingga 10 kilometer. Tapi yang pasti, wisatawan akan diajak naik kendaraan menyusuri areal persawahan dan hutan pinus di KKPH Banyuwangi Barat.

Paket fun trip Rp 100 ribu per orang, akan menyajikan jarak tempuh arung jeram sepanjang dua kilometer. Kemudian paket wonderfull Rp 150 ribu dengan jarak tempuh lima kilometer. Sementara loong trip seharga Rp 250 ribu menempuh jarak 10 kilometer.

Sensasi arung jeram melewati dam setinggi tiga meter
© 2017 merdeka.com/Mohamad Ulil Albab

Baim menjelaskan, masing-masing tingkatan paket akan memberi suasana menyenangkan. Paket wonderfull dengan waktu tempuh 1,5 jam sampai 2 jam akan menyusuri berbagai pamandangan alam seperti aneka hewan burung dan kera. Begitu juga dengan paket loong trip yang ditempuh dengan waktu 3,5 jam sampai 4 jam.

Meski masuk dalam kategori olahraga ekstrem, sungai di Desa Sumberbulu ini masih kategori untuk pemula. Sehingga masih aman untuk wisatawan dari berbagai kalangan dan usia, mulai anak-anak sampai dewasa.

Selain tantangan menyusuri derasnya air, wisatawan akan merasakan sensasi melewati dam setinggi tiga meter. Selain itu, juga bakal ada tantangan lain seperti mengharuskan kekompakan menunduk saat melewati jembatan sungai dan palangan kayu.

Setengah perjalanan dari paket arung jeram, pihak Karo Adventure akan menyediakan minuman seperti wedang jahe dan beberapa kue. Setelah istirahat sejenak, baru kemudian perjalanan seru dilanjutkan.

Setelah puas melakukan arung jeram, Wisatawan bisa menikmati fasilitas homestay milik warga, sambil mengenal kearifan lokal warga. Pihak Karo Adventure sudah bekerjasama dengan 55 Kepala Keluarga yang siap menjadi tempat homestay.

Dalam setiap akhir pekan, jumlah pengunjung di Karo Adventure rata-rata mencapai 500 orang. "Terutama saat musim libur panjang, bisa lebih banyak. Karena di sini coba membuat konsep ekowisata yang menenangkan," katanya.

(ff/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI