BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA
Wisata Alam

Hutan pinus Songgon, hutan yang bisa hilangkan stres

Jangan khawatir ini bukan tempat yang penuh dengan misteri melainkan tempat wisata alam yang sungguh cantik.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 19 Februari 2017 15:17
Wisata hutan pinus Songgon

Merdeka.com, Banyuwangi - Wisata hutan pinus di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Saat ini menjadi salah satu destinasi alam wisata favorit selama menikmati waktu liburan. Ada beragam fasilitas wisata yang membuat pengunjung betah menikmati pemandangan alam dan rindangnya hutan pinus.

Tiket masuk ke wisata hutan pinus cukup membayar Rp 5 ribu. Pengunjung sudah bisa jalan-jalan menikmati pemandangan alam dan berbagai fasilitas spot selfie yang disediakan pihak pengelola wisata.

"Termasuk rumah pohon yang menjadi fasilitas dari tiket masuk. Ada dua spot selfie yang kami sediakan," ujar Yusuf (47) pengelola wisata hutan pinus, beberapa waktu lalu.

Kawasan wisata seluas tujuh hektare ini merupakan kerja sama dengan pihak Perhutani. Panitia juga menyediakan berbagai permainan anak seperti outbound kid, tubing kid dan safari berkuda. "Kalau kuda keliling area sini saja satu putaran Rp 10 ribu untuk anak, Rp 5 ribu dewasa. Kemudian tubing kid juga Rp 5 ribu per dua jam," jelasnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa keliling hutan pinus seluas 90 hektare dan menyusuri spot air tejun dengan paket safari jeep. "Kalau hari Minggu bisa sampai enam trip yang pesan," ujarnya.

Wisata hutan pinus dikelola secara swadaya oleh pemuda Songgon. Meski baru dibuka sekitar lima bulan lalu, saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 6 sampai 7 ribu orang tiap pekannya. Wisata hutan pinus buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Yusuf mengatakan, pengunjung yang datang ke wisata hutan pinus dijamin bakal betah. "Jalan-jalan di antara pinus bisa mengurangi stress, bau getah pinus bisa mengeluarkan aroma wangi kalem. Udaranya lebih segar," ujarnya.

Destinasi wisata hutan pinus cocok buat keluarga ini. Selain banyak fasilitas permainan, kawasan wisata yang luas membuat pengunjung tetap nyaman meski yang datang mencapai ribuan orang. "Hijau banget tempatnya adem cocok buat keluarga dan anak-anak. Pastinya menenangkan, tidak bising seperti di kota," ujar Yunka (20) salah satu pengunjung.

(ff/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI