BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA
Wisata Pantai

Pantai Cemara jadi alternatif wisata baru di Banyuwangi

Di pantai ini yang menjadi khasnya adalah banyaknya pohon cemara.

Oleh: Mochammad Andriansyah 10 Maret 2016 15:19

Merdeka.com, Banyuwangi - Banyuwangi terus melakukan pembenahan untuk mengoptimalkan potensi alam. Salah satunya adalah mengembangkan potensi destinasi wisata. Banyak sekali pantai di Banyuwangi salah satunya adalah Pantai Cemara.

Pantai ini terlihat sangat indah. Tak hanya airnya, khas dari pantai ini adalah banyaknya pohon cemara yang lebat dan menjadi tempat konservasi penyu.

Saat ini, Pemkab Banyuwangi mulai pembangunan infrastruktur penunjangnya, seperti akses jalan masuk, penataan lansekapnya, promosi, dan sebagainya.

Pantai Cemara berada di kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi, atau hanya tiga kilometer dari pusat kota. Sesuai namanya, pantai ini ditumbuhi ribuan pohon cemara udang di sepanjang bibir pantainya. Pantai ini dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pantairejo yang didampingi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Banyuwangi.

Terdapat 16 ribu pohon cemara udang yang tumbuh di lahan seluas 9 Hektar. Bukan sekadar menjadi jujugan tempat rekreasi, pantai ini menjadi pusat konservasi penyu. Di bawah pohon-pohon cemara, penyu mendarat untuk bertelur. Puncak intensitas masa bertelurnya penyu di sana berkisar antara bulan Maret hingga April.

Pantai Cemara juga mulai menjadi lokasi alternatif rekreasi. Suasananya yang rindang dan nyaman untuk bersantai menjadi daya tarik tersendiri wisatawan.

(mh/ma)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI