BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA
Wisata Pantai

Serunya memancing sambil menikmati indahnya Pantai Watu Dodol

Lokasinya strategis di tepi jalan raya Pantai Utara (Pantura) perbatasan Banyuwangi-Situbondo.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 1 Mei 2016 11:41
Memancing di tepi Pantai Watu Dodol

Merdeka.com, Banyuwangi - Bila sedang memiliki waktu senggang, sempatkan memancing ikan di pantai Watu Dodol. Di sana Anda bisa memancing sambil menikmati surga laut biru berlatar pulau Bali. Lokasinya juga strategis ada di tepi jalan raya Pantai Utara (Pantura) perbatasan Banyuwangi-Situbondo.

Setiap hari, mulai dari siang hingga malam pantai ini seringkali menjadi objek wisata memancing. Apalagi surga pantai di sisi Banyuwangi utara ini bisa dinikmati secara gratis. Anda cukup memarkir sepeda di tepi jalan lengkap dengan petugas parkir. Lantas turun ke tepi pantai Watu Dodol.  

Sore itu, puluhan orang sedang terlihat khusuk menunggu umpan pancingnya disantap ikan. Santo, salah satu pemancing asal Desa Olehsari, Glagah juga tidak mau ketinggalan. Matanya juga menatap dalam-dalam pelampung pancingnya tenggelam. Tanda umpannya dimakan ikan. “Nanti kalau pelampungnya tenggelam harus segera ditarik. Takutnya ikannya lolos,” kata singkat kepada Merdeka Banyuwangi, Sabtu (30/4).

Ayiknya memancing di tepi Pantai Watu Dodol
© 2016 merdeka.com/Mohammad Ulil Albab

Sambil memancing, sesekali Santo menerangkan bagaimana cara mendapatkan ikan. Umpan yang digunakan para pemancing di sana, kata dia, rata-rata menggunakan konsentrat pakan ternak. Agar konsentrat bisa melekat di kail, terlebih dahulu harus direbus. Baru kemudian dikepali dengan tangan. “Ikannya ini kan suka bau-bau amis. Jadi ya cocok pakai umpan ini,” lanjutnya.

Tak hanya pakan ternak saja yang dijadikan umpan. Jenis umpan yang digunakan pemancing bermacam-macama ada yang menggunakan udang, uniknya ada juga yang memanfaatkan bakso dan tahu sebagai umpan. Bahkan hasil ikan yang diperoleh beragam seperti ikan kerapu dan tribang merah.

Sedangkan penggunaan pelampung, kata dia, sangat cocok digunakan untuk memancing di laut dan selat berarus deras seperti di pantai Watu Dodol ini. Selain menggunakan pelampung, para pemancing juga ada yang menggunakan pemberat besar dari bahan timbal. Terutama untuk pemancing yang suka mencari jenis ikan dasar laut.  

Bila tertarik memancing di sana, pastikan Anda menggunakan jaket. Sebab angin laut di pantai Watu Dodol cukup kencang. Apalagi untuk pemancing yang pasti akan berlama-lama berdiri atau duduk di tepi pantai.

Pengunjung menikmati pemandangan laut dari atas pos pantau
© 2016 merdeka.com/Mohammad Ulil Albab

Pantai Watu Dodol terkenal dengan batu besar dekat jalan raya yang terletak di tepi pantai. Selain memancing, Anda bisa melihat batu besar yang menjadi identitas Watu Dodol tersebut. Di sana juga ada patung Gandrung besar yang dibangun di atas pos pantau. Pengunjung pun bisa melihat orang-orang memancing dari atas sana sambil menikmati indahnya Pantai Watu Dodol.

(ff/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI