BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA
Zona Turis

Wisata religi di Candi Agung Gumuk Kancil, ada air sucinya

Di lokasi ini, para wisatawan bisa mandi di bangunan seperti kolam dengan sebelas pancuran.

Oleh: Mohammad Ulil Albab 14 Maret 2016 17:09

Merdeka.com, Banyuwangi - Siapa sangka, di lereng Gunung Raung, tepatnya di Dusun Wonoasih, Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, terdapat petilasan Maha Resi Markandeya. Sekarang di kawasan petilasan tersebut disulap menjadi tempat beribadah umat Hindu, juga sebagai tempat wisata.

Ada dua kawasan wisata di Candi Agung Gumuk Kancil. Pertama merupakan tempat petilasan Maha Resi Markandeya, saat ini dijadikan Pura. Kedua berada di bagian utara dengan jarak sekitar 1 kilometer, termasuk bagian dari Candi Agung Gumuk Kancil yang memiliki sumber air suci.

Warga sekitar dan masyarakat Banyuwangi banyak yang hadir untuk sekadar melihat. Di lokasi ini, para wisatawan bisa mandi di bangunan seperti kolam dengan sebelas pancuran yang dialirkan dari sisi samping. Hanya saja bangunan kolam digunakan tidak menggunakan keramik, namun menggunakan bebatuan agar terkesan natural dan alami.

Di samping tempat mandi sebelas pancuran, terdapat imbauan dilarang menggunakan shampo. “Itu air suci, makanya tidak boleh menggunakan shampo kalau mandi,” tutur Afif kepada merdeka Banyuwangi, Minggu (13/3) kemarin.

salah satu warga sekitar Desa Margomulyo, mengatakan air yang mengalir, merupakan sumber asli lereng Gunung Raung, sehingga terasa dingin dan terlihat sangat jernih. Selain itu, warga sekitar Desa Bumiharjo, kawasan Candi Gumuk Kancil dulunya berupa rawa. “Ini dulu yang menemukan orang Bali. Terus dibangun, yang bagian rawa-rawanya diuruk pakai tanah,” ujarnya.

Selain warga sekitar yang datang sekadar ingin berkunjung, terlihat pula beberapa umat Hindu yang sedang beribadah. “Sebagian besar orang Bali yang datang, dan umat Hindu sekitar sini. Selain itu ya warga Banyuwangi ingin berkunjung saja. Mereka ingin melihat sumber air yang besar,” ujar Bejo.

(mh/mua)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI