BANYUWANGI
  1. BANYUWANGI
  2. SENI DAN BUDAYA
Event

Menteri Rizal Ramli buka 3 festival sekaligus di Taman Blambangan

Event yang digelar antara lain Festival Sego Cawuk, Agro Expo dan Art Week.

Oleh: Mochammad Andriansyah 9 April 2016 11:18

Merdeka.com, Banyuwangi - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli buka tiga event Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016, Sabtu (9/4). Tiga event yang digelar sekaligus di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur itu antara lain Festival Sego Cawuk, Agro Expo dan Art Week.

"Setelah mendarat di Banyuwangi, beliau (Rizal Ramli) langsung membuka Festival Kuliner: Sego Cawuk. Lalu secara berturut-turut membuka secara simbolis Banyuwangi Art Week dan Agro Expo," terang Kabag Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Juang Pribadi sebelum acara digelar.

Festival Sego Cawuk, merupakan sarapan khas warga Banyuwangi. Masakan terdiri dari nasi dicampur kuah parutan kelapa, serutan jagung muda bakar, serta kuah ikan pindang ini, ‎biasa disajikan dengan daun pisang.

Makanan pagi ini, ‎makin terasa maknyus dengan lauk pendampingnya, yaitu pepes ikan laut, telur pindang, tahu cacah dan semanggi sambal serai.

Di Festival Sego Cawuk, akan diikuti ratusan peserta dari para pedaagang, koki hotel, estoran dan masyarakat umum. Lezat tidaknya Sego Cawuk masakan mereka, akan dijuri oleh Chef Aiko, host kulliner di salah satu program televisi swasta.

Selain Festival Kuliner, di lokasi sama juga digelar Pameran Agro khas Bumi Blambangan. Bermacam produk hortikultura unggulan, seperti komoditas buah-buahan asli Banyuwangi, tanaman pangan, serta tanaman unik.

"Termasuk durian merah juga ditampilkan di sini. Banyuwangi terus konsisten menggelar festival yang mengangkat potensi lokalnya. Seperti Festival Pasar Ikan yang akan kami gelar pada 15 Oktober, dilanjutkan dengan Petik Laut Muncar. Ini kami festivalkan karena potensi perikanan kami yang tinggi," lanjut Juang.

Selanjutnya, usai membuka tiga festival di Taman Blambangan, Menteri Rizal Ramli, langsung melanjutkan kunjungan kerjanya dengan meninjau Pelabuhan Muncar, pelabuhan ikan terbesar kedua di Indonesia yang dimiliki Banyuwangi.

(ff/ma)

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI BANYUWANGI

BERITA BANYUWANGI