Basuki Hadimuljono
Basuki Hadimuljono Politisi
Nama Lengkap
Ir Basuki Hadimuljono M.Sc., Ph.D.
Alias
Mochamad Basoeki Hadimoeljono | Basoeki Hadimoeljono
Agama
Islam
Tempat Lahir
Surakarta
Tanggal Lahir
Jumat, 5 November 1954
Zodiak
Scorpion
Warga Negara
Indonesia
Relation
-
Biografi

Basuki Hadimuljono, pria asal Solo kelahiran 5 November 1954 ini saat ini menjadi salah satu pembantu Presiden Republik Indonesia sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Kabinet Kerja Jokowi JK periode 2014-2019.

Posisi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini diberikan pada Basuki setelah dirinya sukses menjalankan perannya sebagai Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum sehingga dinilai cakap dan mumpuni mengisi posisi tersebut.

Keberhasilan Basuki Hadimuljono sendiri memang sudah dipupuk sejak dini, mewarisi sikap disiplin dari ayahnya yang berprofesi sebagai anggota TNI Angkatan Darat, Basuki Hadimuljono sukses menyelesaikan pendidikan hingga jenjang S3.

Lulus dari SMA Negeri 5 Surabaya, Basuki langsung melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan mengambil jurusan Teknik Geologi. Selepas meraih gelar S1 di tahun 1979, Basuki memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Colorado State University dan membawa gelar Magister dan Doktor Teknik Sipil.

Selepas menimba ilmu hingga mendapat gelar Doktor (S3), Basuki memutuskan untuk kembali ke Tanah Air dan menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum selama periode 2005 hingga 2007. Setelah itu, Basuki tercatat menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum hingga 2013.

Basuki Hadi Muljono juga pernah menjadi Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Selain itu, dirinya juga sempat beberapa kali masuk ke media massa kala ditunjuk sebagai anggota tim penanggulangan lumpur Lapindo pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Riset dan analisa oleh Dwi Zain Musofa

Pendidikan
  • S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Magister (S2) Colorado State University, Amerika Serikat
  • Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat
Karir
  • Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005–2007
  • Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum periode 2007–2013
  • Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum
  • Menteri PU dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia