BITUNG
  1. HOME
  2. PARIWISATA
Pariwisata

Inilah Oleh-Oleh Khas Bitung yang Perlu Dicoba dan Dibawa Pulang

Berbagai destinasi wisata alam bisa kamu temukan di sini. Tak ketinggalan aneka oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Oleh: Endang Saputra 23 April 2019 12:59
Kawasan Wisata Alam Batu Putih

Bitung.merdeka.com - Berbagai destinasi wisata alam bisa kamu temukan di sini. Tak ketinggalan aneka oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Bitung merupakan daerah terkenal dengan pelabuhannya yang terbesar dan satu-satunya di Sulawesi utara. Banyak kapal antar kota yang singgah disana. Sehingga kegiatan ekonomi dan spot-spot tertentu pun dikembangkan. Dan para turis juga banyak yang berkunjung.


Berbagai destinasi wisata alam bisa kamu temukan di sini. Tak ketinggalan aneka oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Kira-kira apa saja oleh-oleh khas Bitung Sulawesi Utara Pastinya, memiliki cipta rasa yang lezat. Bahkan begitu menarik mata, karena tidak hanya makanan. Souvenir pun juga ada:


Pusat Oleh-Oleh Khas Bitung Sulawesi Utara yang Bisa Dikunjungi.

Seperti dikutip dari daerahwisata.com, bila berkunjung ke Bitung, tentu membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Inilah oleh-oleh yang bisa dibawa pulang:


1. Cakalang Fufu

Apakah nama ini begitu asing di telinga? Atau sudah akrab? Cakalang fufu merupakan makanan khas daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui dengan bahan-bahan khusus, kemudian dimasak dengan cara diasap. Karena proses olahannya tersebut, ikan ini sangat cocok jika dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jika ingin menyantapnya, kita cukup memanaskan dengan cara digoreng. Lalu, selanjutnya dimakan sebagai lauk bersama nasi juga sambal. Wuiihhh.....sedap! Kamu bisa mendapatkan cakalang fufu dengan harga 35.000 sampai 65.000 rupiah.

 

2. Halua Kenari

Daerah Minahasa atau Indonesia bagian Timur memiliki pohon-pohon kenari. Tidak heran jika disana sering dijumpai kenari. Sehingga, masyarakat memiliki inisiatif untuk mengubah kenari menjadi camilan khas oleh-oleh di daerah mereka. Termasuk di kota Bitung. Salah satunya adalah halua kenari, merupakan makanan yang terbuat dari olahan kenari dicampur dengan gula merah. Sekilas seperti gula-gula kacang, rasanya pun tidak kalah gurih. Apalagi rasa manis yang begitu terasa di lidah. Menjadikan halua kenari ini sangat recomended sebagai oleh-oleh dan menemani waktu santai. Harga yang dibandrol pun bervariasi antara 10.000 sampai 45.000 ribu rupiah.

 

3. Pala Manis

Orang sering menggunakan biji pala sebagai bahan rempah-rempah untuk masakan mereka. Rasa masakan yang dihasilkan pun begitu nikmat setelah dicampur dengan biji pala. Nah, selain biji pala apakah kamu pernah merasakan buah pala? Apalagi yang dijadikan makanan. Hhhmmm.....pasti belum kan! Nah, ini dia salah satu makanan khas daerah Minahasa yang harus kamu coba. Pala manis, buah pala diolah dengan cairan gula sebagai pemanis. Nah, dari gula inilah akan terkesan efek kilap pada makanan tersebut. Biasanya pala manis dibandrol dengan harga Rp40.000,00 tiap bungkus. Kamu bisa mendapatkan pala manis ini di berbagai toko pusat oleh-oleh atau di sekitar pelabuhan Bitung.


4. Dodol Amurang

Amurang merupakan daerah pembuatan dodol yang terbuat dari kenari. Maka dari itu dinamakan Dodol Amurang. Kenari yang diolah bersama gula aren dan beras ketan yang sudah dihaluskan. Rasa yang begitu enak dan juga sensasi gurih manis begitu memanjakan lidah. Dodol ini mirip seperti jenang Jawa. Biasanya masyarakat membuat dodol Amurang untuk acara-acara tradisi syukuran.

 

 

5. Kue Lampu-Lampu

Kue lampu? Aneh ya, begitulah namanya. Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, tepung beras juga gula merah. Makanan ini termasuk makanan sehat, sebab cara pengolahannya dengan dikukus, tidak menggunakan minyak sedikitpun. Apabila mengolah kue ini, saat dimasak di dalam panci kamu harus tutup. Tidak boleh dibuka, sebab rasa dari kue akan rusak. Rasanya begitu manis, cocok disantap saat acara keluarga ataupun saat santai.

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

BERITA BITUNG