CEK FAKTA: Anies Disebut Raih Penghargaan Terkait Penanganan Covid-19, Ini Faktanya

CEK FAKTA: Anies Disebut Raih Penghargaan Terkait Penanganan Covid-19, Ini Faktanya
CEK-FAKTA | 11 Juni 2020 15:34 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar informasi di media sosial yang mengklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat penghargaan sebagai gubernur terbaik dalam menangani pandemi Covid-19.

Informasi tersebut diunggah akun Facebook Yuli Mustikaningsih pada 8 Juni 2020, yang juga mengunggah video Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Cities Against Covid-19 (CAC) berdurasi 2 menit.

cek fakta anies disebut raih penghargaan terkait penanganan covid 19 ini faktanya

Facebook

Berikut narasinya:

Masya Allah Tabarokalloh...Bpk Anies Baswedan dapat penghargaan internasional, menjadi salah satu gubernur terbaik dalam menangani COVID 19...

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim Gubernur DKI Anies Baswedan mendapat penghargaan sebagai gubernur terbaik dalam menangani pandemi Covid-19 di KTT CAC.

Hasil penelusuran, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang didaulat sebagai pembicara utama dalam Mayoral Meeting KTT Global Cities Against Covid-19 (CAC) pada 2 Juni 2020.

Anies pun mengunggah video di akun Instagramnya @aniesbaswedam yang memperlihatkan dirinya menjadi pembicara dalam Cities Against COVID-19 GLOBAL SUMMIT 2020 secara virtual. Video yang berdurasi durasi 12 menit tersebut, disertai dengan keterangan sebagai berikut:

Together We Stand

itulah topik Mayoral Meeting, Cities Against COVID-19 GLOBAL SUMMIT 2020-Virtual yang diselenggarakan Selasa, 2 Juni 2020.⁣

Pertemuan Tingkat Tinggi ini dihadiri oleh walikota dan gubernur di 40 kota/ provinsi/ negara bagian dari berbagai benua. ⁣

Sebagai Pembicara Kunci adalah Walikota Seoul, Mr. Park Wonsoon, dilanjutkan dengan 4 pembicara utama yaitu 1) Walikota London, Mr. Sadiq Khan, 2) Gubernur Maryland, Mr. Larry Hogan, 3) Gubernur Jakarta, Mr. Anies Baswedan, 4) Walikota Moscow, Mr. Sergei Sobyanin. ⁣

Gubernur DKI Jakarta mengajak semua untuk melihat ke depan. Mengantisipasi perubahan yang perlu dilakukan oleh para pemimpin di seluruh dunia dalam memandang tata ruang, menjadikan kota yang tangguh, dan membangun kolaborasi sosial.⁣

#TogetherWeStand⁣
eng.cac2020.or.kr

Kemudian dikutip dari situs resmi KTT CAC bahwa dalam acara Mayoral Meeting KTT CAC tidak ada sesi memberi penghargaan. Anies Baswedan hanya menyampaikan presentasi terkait penanganan Covid-19.

Sementara itu, dikutip dari viva.co.id dalam artikel berjudul "Anies Jadi Pembicara Utama dalam Forum Internasional COVID-19" dimuat pada 9 Juni 2020. Anies Baswedan, menjadi pembicara utama dalam forum internasional "Cities Againts COVID-19 Global Summit 2020" pada Selasa 2 Juni 2020. Anies menjadi pembicara konferensi tingkat tinggi para gubernur dan wali kota dunia itu secara virtual.

Anies berbagi pengalaman dalam penanganan pandemi COVID-19 di Jakarta di hadapan gubernur dan wali kota di 40 kota/provinsi/negara bagian dari berbagai benua. Anies menjadi pembicara kunci bersama Wali Kota Seoul, Park Wonsoon, Wali Kota London, Sadiq Khan, Gubernur Maryland, Larry Hogan, dan Wali Kota Moscow, Sergei Sobyanin. Anies membagikan video pertemuan tersebut di akun instagramnya.

Moderator mengatakan bahwa Jakarta berhasil menurunkan jumlah kasus COVID-19 dan telah melewati puncak pandemi pada pertengahan Mei. Dalam konferensi tersebut Anies mengucapkan terimakasih atas undangan untuk mengikuti pertemuan tersebut.

Anies mengajak semua peserta forum untuk melihat ke depan. Mengantisipasi perubahan yang perlu dilakukan oleh para pemimpin di seluruh dunia dalam memandang tata ruang, menjadikan kota yang tangguh, dan membangun kolaborasi sosial.

"Selama lebih dari enam bulan, banyak dari kita berjuang untuk menyelamatkan warga kita untuk memastikan kita bisa kembali ke kehidupan normal lagi," kata Anies di hadapan forum.

Dia mengungkapkan, Jakarta mulai akhir minggu ini akan melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Namun yang paling penting selama periode tiga bulan ini, Jakarta tidak hanya mengalami masalah-masalah, namun juga kesempatan-kesempatan.

Anies mengungkapkan Jakarta menghadapi dua masalah yaitu kesehatan dan ekonomi. Di sisi lain Jakarta juga mengalami terobosan di bidang digital dan lingkungan yang lebih asri.

Dalam artikel yang ditulis oleh viva.co.id tidak ada keterangan jika Anies meraih penghargaan menjadi gubernur terbaik dalam menangani Covid-19.

Kesimpulan

Klaim Anies Baswedan meraih penghargaan gubernur terbaik dalam menangani Covid-19 di KTT CAC adalah keliru.

Anies Baswedan memang diundang menjadi pembicara dalam forum internasional "Cities Againts COVID-19 Global Summit 2020" pada Selasa 2 Juni 2020. Namun dalam acara tersebut tidak ada sesi pemberian penghargaan gubernur terbaik dalam penanganan Covid-19, termasuk kepada Anies.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami