CEK FAKTA: Belum Ada Keputusan ITC Mangga Dua Buka 30 Juni

CEK FAKTA: Belum Ada Keputusan ITC Mangga Dua Buka 30 Juni
CEK-FAKTA | 4 Juni 2020 10:59 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Beredar informasi bahwa ITC Mangga Dua akan kembali buka pada akhir Juni 2020. Informasi tersebut beredar melalui aplikasi pesan instan WhatsApp. Informasi ini juga mengacu pada Pergub No 489 tahun 2020.

informasi itc mangga dua buka di whatsapp
Kominfo

"Pengunjung dan pedagang yang terhormat, untuk mendukung upaya pemerintah memutus penyebaran Covid-19 melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ITC Mangga Dua Tutup Sementara Diperpanjang s/d 30 Juni 2020.Mengacu pada Pergub No 489 tahun 2020. Untuk perkembangan selanjutnya bisa dilihat di media sosial dan website kami."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel Okezone.com berjudul "Viral ITC Mangga Dua Buka 30 Juni, Ternyata Hoax" pada 2 Juni 2020, dijelaskan bahwa pihak ITC Mangga Dua membantah informasi tersebut.

“ITC Mangga Dua buka 30 Juni itu hoax, kami masih menunggu info pencabutan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” tulis pengelola dalam akun Instagram, Selasa (2/8/2020).

“Untuk mendukung upaya pemerintah melawan penyebaran covid-19 maka ITC Mangga Dua TUTUP SEMENTARA DIPERPANJANG sampai 4 Juni 2020,” ujarnya.

Sementara itu dalam artikel merdeka.com berjudul "Anies Soal Mal Beroperasi 5 Juni: Itu Imajinasi, itu Fiksi" pada 27 Mei 2020, dijelaskan bahwa Gubernur Anies Baswedan belum menentukan waktu pembukaan pusat perbelanjaan usai PSBB.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Pemprov DKI Jakarta belum menentukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan diperpanjang atau tidak. Sebab PSBB fase tiga akan berakhir pada 4 Juni 2020. Dia menyatakan belum mengeluarkan peraturan jadwal pengoperasian pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta.

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni itu imajinasi, itu fiksi. Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies usai peninjauan di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5).

Dia menyatakan saat ini sejumlah ahli tengah mengumpulkan data yang ada. Hasil tersebut akan menjadi landasan perpanjangan atau berakhirnya PSBB Jakarta.

"Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak itu sebenarnya bukan pemerintah bukan parah ahli yang menentukan adalah perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB," ucapnya.

Kesimpulan

Informasi ITC Mangga Dua akan buka pada 30 Juni 2020 adalah tidak benar. Pihak pengelola ITC Mangga Dua masih menunggu keputusan pemerintah terkait PSBB di DKI Jakarta.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami