CEK FAKTA: Benarkah Suku Dayak Dukung Ahok Jadi Pemimpin Ibu Kota Baru?

CEK FAKTA: Benarkah Suku Dayak Dukung Ahok Jadi Pemimpin Ibu Kota Baru?
CEK-FAKTA | 11 Maret 2020 12:50 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar akun Facebook yang menampilkan foto mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama suku Dayak. Dalam foto tersebut dituliskan narasi bahwa suku dayak mendukung Ahok menjadi Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur.

Dalam akun Facebook yang diunggah pada 5 Maret 2020 pukul 20.50 bertuliskan:

SUKU DAYAK DUKUNG AHOK FULL UNTUK CEO IKN, SUKU LAIN GMN??

Penelusuran

Berdasarkan penelusuran, tim cek fakta merdeka.com menemukan artikel yang menjelaskan bahwa foto tersebut saat Ahok menghadiri dialog dengan masyarakat Dayak Kalimantan Timur, di Ball Room Hotel Mesra Internasional, di Jalan Pahlawan pada Sabtu 13 Juli 2019. Dalam acara tersebut Ahok dan istri juga menerima gelar kehormatan 'Asang Lalung' dari warga Dayak Kalimantan Timur.

Asang bermakna tokoh muda, teguh, perkasa dan berani. Sedangkan Lalung, memiliki arti pengayoman, pengabdian serta keikhlasan berjuang bagi masyarakat banyak.

Istri Ahok, Puput Nastiti Devi juga mendapatkan nama Idang Bulan, bermakna cahaya purnama. Dengan begitu Ahok dan Puput, masuk menjadi keluarga besar masyarakat Dayak Kalimantan Timur.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang mengatakan foto tersebut merupakan foto saat Ahok dan istri, Puput Nastiti Devi diangkat menjadi warga kehormatan dan mendapat gelar dari masyarakat Persekutuan Adat Dayak Kalimantan Timur di Hotel Mesra Internasional, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Kesimpulan

Foto yang beredar di Facebook dengan narasi dukungan suku Dayak untuk Ahok sebagai pemimpin Ibu Kota baru adalah tidak tepat atau disinformasi. Sebab, foto itu bukan dukungan dari suku Dayak melainkan foto penganugerahan gelar kehormatan 'Asang Lalung' dari warga Dayak Kalimantan Timur. (mdk/dan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami