CEK FAKTA: Buah Pisang Tidak Bisa Menangkal Virus Corona

CEK FAKTA: Buah Pisang Tidak Bisa Menangkal Virus Corona
Ilustrasi pisang. ©2018 Merdeka.com/Pixabay
CEK-FAKTA | 18 Maret 2020 16:33 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah video tentang manfaat buah pisang untuk menangkal virus corona tersebar di media sosial Twitter. Sebuah akun Twitter membagikan postingan video dengan caption “Have a banana a day, keep corona virus away.” Postingan tersebut beredar pada 15 Maret 2020.

Namun video tersebut merupakan hasil suntingan dari beberapa video. Selain itu, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan buah pisang dapat menangkal COVID-19.

Penelusuran

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim video postingan tersebut tidak benar. Video tersebut adalah hasil rekayasa dari beberapa potongan video yang digabungkan. Sumber potongan video itu yang pertama dari video dari kanal ABC News Australia di Youtube dengan judul “Race is on as Australian researchers rush to make coronavirus vaccine” yang tayang pada 23 Januari 2020.

Sumber video kedua berasal dari kanal Youtube Herbs Cures dengan judul “Health Benefits of Banana Herbs Cures” yang tayang pada tanggal 1 Maret 2020. Dan, video ketiga berasal dari kanal Wall Street Journal di Youtube dengan judul “How Scientists Are Trying to Develop a Coronavirus Vaccine” yang tayang pada 13 Februari 2020.

Pada video sumber asli pertama tidak membahas bahwa penelitian virus Corona atau COVID-19 menggunakan pisang sebagai objeknya. Lalu, pada video kedua, yakni video mengenai manfaat pisang, tidak membahas mengenai kemampuan pisang untuk menangkal COVID-19. Dan, pada video ketiga, yakni perihal animasi COVID-19 ada penambahan gambar pisang.

Lalu, ilmuwan dari Universitas Queensland Australia memang melakukan penelitian terkait pencarian vaksin COVID-19. Namun, dilansir dari abc.net.au, diketahui bahwa penelitian itu tidak menggunakan buah pisang sebagai bahan penelitiannya.

Adapun, buah pisang memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Akan tetapi, belum ada penelitian lebih lanjut bahwa buah pisang dapat menangkal COVID-19.

Penyakit yang sudah diketahui dapat dicegah dengan mengonsumsi buah pisang di antaranya penyakit tekanan darah, asma, kanker, penyakit jantung, hingga diabetes. Meski di dalam pisang ada kandungan vitamin C dan B6, namun hingga artikel periksa fakta ini dibuat, keberadaan dua kandungan vitamin tersebut belum terbuktikan secara ilmiah dapat mengatasi COVID-19.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat dikatakan konten video yang tersebar di Twitter tersebut tidak memiliki dasar yang jelas. Selain itu, isi konten video itu merupakan hasil suntingan dari beberapa video yang kemudian dikaitkan dengan COVID-19. Atas dasar itu, mengacu kepada 7 dis-isinformation dari First Draft, maka dapat disimpulkan bahwa konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

Sumber: Indri Pramesti Widyaningrum (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Gunadarma)/covid19.go.id

Penelusuran dari berbagai referensi:

https://www.abc.net.au/news/2020-01-24/coronavirus-vaccine-work-starts-with-queensland-researchers/11896346

https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/manfaat-vitamin-c/full

https://www.livescience.com/coronavirus-vitamin-c-myth.html

https://www.goodmorningamerica.com/wellness/story/preventing-coronavirus-supplements-answer-69507741

https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157#potassium

https://www.healthline.com/nutrition/foods/bananas

https://www.idntimes.com/health/fitness/viktor-yudha/manfaat-kesehatan-makan-buah-pisang-setiap-hari/full

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/21/093603320/manfaat-pisang-jauh-lebih-manis-dari-rasanya?page=all (mdk/dan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami