CEK FAKTA: Disinformasi Lion Air PHK Ribuan Karyawan

CEK FAKTA: Disinformasi Lion Air PHK Ribuan Karyawan
CEK-FAKTA | 8 Juli 2020 12:33 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Video diduga karyawan Lion Air di PHK beredar di media sosial Facebook. Salah satunya akun Facebook M Samiruddin Pademmui. Akun tersebut menuliskan narasi "LION AIR PHK 3000 Karyawan".

video lion air phk karyawan

Facebook

Dalam video berdurasi 30 detik itu, terlihat sejumlah karyawan sedang berpelukan dan menangis.

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video terkait karyawan Lion Air yang di PHK adalah disinformasi. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Terdampak Corona, Lion Air Tak Perpanjang Kontrak Kerja Pegawai" pada 6 Juli 2020, dijelaskan bahwa Lion Air tidak bisa memperpanjang kontrak karyawan karena kondisi perusahaan yang tidak stabil.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan Lion Air Group sedang berada di masa sulit dan menantang, atas kondisi terbentuk dari akibat Covid-19 serta memberikan dampak luar biasa yang mengakibatkan situasi penuh ketidakpastian.

"Keputusan berat tersebut diambil dengan tujuan utama sebagai strategi sejalan mempertahankan kelangsungan bisnis dan perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal sebagai dampak pandemi Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (6/7).

Dalam tindakan proaktif berdasarkan mitigasi guna menjaga kelangsungan dimaksud, pada kondisi pendapatan yang sangat minimal, karena terjadi pembatasan perjalanan dan penghentian sementara operasional penerbangan. Danang mengungkapkan, sejak mulai beroperasi kembali yang dijalankan secara bertahap, Lion Air Group rata-rata mengoperasikan 10-15 persen dari kapasitas normal sebelumnya yakni rerata 1.400 - 1.600 penerbangan per hari.

Lion Air Group melakukan pembicaraan bersama mitra-mitra usaha serta melakukan pemotongan penghasilan seluruh manajemen dan karyawan dengan nilai prosentase bervariasi, semakin besar penghasilan semakin besar nilai nominal potongannya. Kebijakan-kebijakan tersebut telah mulai dilaksanakan dan diterapkan tahun ini pada Maret, April, Mei, Juni sampai waktu yang belum ditentukan (pemberitahuan lebih lanjut/ until further notice).

Lion Air Group berencana, apabila di waktu mendatang kondisi perusahaan kembali pulih dan lebih baik secara bisnis, operasional serta pendapatan, maka karyawan dimaksud (yang tidak diperpanjang kontrak kerja) akan diprioritaskan untuk memiliki kesempatan kembali bekerja di Lion Air Group.

Kesimpulan

Kabar Lion Iar melakukan PHK pada 3000 karyawannya adalah disinformasi. Lion Air membantah melakukan PHK. Lion Air hanya tidak memperpanjang kontrak karyawan yang saat itu kontraknya sudah habis.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami