CEK FAKTA: Foto Anak Tidur di Antara Makam Orang Tuanya Bukan Korban Perang di Yaman

CEK FAKTA: Foto Anak Tidur di Antara Makam Orang Tuanya Bukan Korban Perang di Yaman
Foto Anak Tidur di Antara Makam Orang Tuanya Bukan Korban Perang di Yaman. ©Facebook
CEK-FAKTA | 27 Mei 2022 16:35 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Unggahan foto di media sosial yang memperlihatkan seorang anak laki-laki tertidur di antara kuburan orang tuanya. Terlihat, anak tersebut tidur meringkut dengan batal dan selimut di antara dua kuburan yang sudah meninggal.

"Seorang anak dari Yaman tidur di antara kuburan kedua orang tuanya," narasinya.

foto anak tidur di antara makam orang tuanya bukan korban perang di yaman
©Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran, bahwa anak laki-laki tertidur di antara kuburan orang tuanya bukan berasal dari Yaman tapi dari Arab Saudi.

Dikutip dari USA Today, gambar yang sama diunggah akun Instagram fotografer Saudi Abdul Aziz Al-Otaibi. Dia mempostingnya di akun Instagram-nya pada Januari 2014 lalu.

Jurnalis Belanda Harold Doornbos mewawancarai Al-Otaibi, dia mengatakan kepada Doornbos bahwa dia mengambil gambar di luar Yanbu, kota pesisir Saudi tempat dia tinggal.

Al-Otaibi membangun dua kuburan palsu dari batu dan meminta keponakannya, yang bukan yatim piatu, berpose. Dia mengatakan bahwa dia terinspirasi untuk melakukan proyek konseptual untuk menunjukkan "bagaimana cinta seorang anak untuk orang tuanya tak tergantikan." Dia tidak bermaksud untuk menggambarkan dampak perang.

Sementara itu, Al-Otaibi mengatakan kepada Beirut.com bahwa dia juga memposting gambar keponakannya tersenyum dan memegang tanda perdamaian di dekat kuburan tiruan.

"Saya sebelumnya telah berbicara tentang kekerasan dalam rumah tangga, dan keponakan saya (anak laki-laki dalam gambar) adalah subjek utama dari gambar itu juga," katanya kepada Beirut.com.

Kesimpulan

Anak laki-laki tertidur di antara kuburan orang tuanya bukan berasal dari Yaman tapi dari Arab Saudi. Foto tersebut berasal dari fotografer Saudi Abdul Aziz Al-Otaibi, dia membangun dua kuburan palsu dari batu dan meminta keponakannya, yang bukan yatim piatu, berpose tidur di tengah kuburan tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/05/12/fact-check-image-boy-sleeping-between-graves-not-war-related/9708755002/
https://www.instagram.com/p/itq1WVjoD7/

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami