CEK FAKTA: Hoaks Anies Baswedan Berikan Dana APBD Rp63 Miliar untuk Istrinya

CEK FAKTA: Hoaks Anies Baswedan Berikan Dana APBD Rp63 Miliar untuk Istrinya
Anies Baswedan. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
CEK-FAKTA | 3 Desember 2021 20:07 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Kabar di media sosial menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan dana APBD DKI sebesar Rp63 miliar kepada istrinya, Fery Farhati untuk kepentingan pribadi.

"ANIES KEREN BINI NYA SAJA DIKASIH DUIT DR APBD DKI..63 M."

hoaks anies baswedan berikan dana apbd rp63 miliar untuk nbspistrinya
Jala Hoaks

Penelusuran

Berdasarkan laporan Jala Hoaks, kabar Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan dana APBD DKI sebesar Rp63 miliar kepada istrinya adalah keliru.

Dikutip dari tempo.co Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp63 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2018. Saat itu, Fery Farhati Ganis, istri Gubernur Anies Baswedan, dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta pada 16 November 2017.

Gubernur Anies menyampaikan apresiasi kepada para pendidik PAUD, karena tahap ini sangat penting bagi pendidikan anak sebelum dewasa.

"Karenanya, untuk pertama kalinya, kami mengalokasikan dana hibah Rp. 63 miliar bagi PAUD di semua Jakarta," ujar Gubernur Anies dalam acara peringatan Hari Guru Nasional di Jembatan Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur (26/11/2017).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 28, PAUD ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya.

Dalam RAPBD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018, Pemprov DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah sebesar Rp. 1,7 triliun yang dibagikan pada 104 lembaga dan organisasi masyarakat. Selain PAUD, penerima hibah lain adalah Resimen Mahasiswa, Kodam Jaya, Laskar Merah Putih, Bamus Betawi, dan sejumlah lembaga lain.

Kesimpulan

Pemprov DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah sebesar Rp63 miliar dalam RAPBD tahun 2018 lalu untuk PAUD, bukan untuk kepentingan pribadi istri Gubernur Anies Baswedan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://jalahoaks.jakarta.go.id/detail/HOAKS-Gubernur-Anies-Baswedan-Berikan-Dana-APBD-Rp63-Miliar-Kepada-Istrinya
https://metro.tempo.co/read/1037253/istri-jadi-bunda-paud-anies-baswedan-kasih-hibah-rp-63-miliar

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami