CEK FAKTA: Hoaks, Aplikasi PeduliLindungi Buatan Singapura

CEK FAKTA: Hoaks, Aplikasi PeduliLindungi Buatan Singapura
Pengunjung scan barcode saat memasuki mal. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia
CEK-FAKTA | 15 September 2021 12:03 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar informasi menyebut aplikasi PeduliLindungi dibuat oleh Singapura. Informasi itu tersebar di media sosial. Berikut narasinya.

"Ternyata aplikasi PEDULI LINDUNGI itu aplikasi bikinan SINGAPORE. Gila… Seluruh data kita direkam Singapore, dan kedaulatan Data Indonesia sudah ada ditangan mereka, meski ini aplikasi Telkom. Mereka tau Alamat kita, tgl Lahir kita, email Kita, kita makan apa, kita kemana aja… semua mereka tau. Kalau info ini salah mohon saya di informasikan apa yang salah."

hoaks pedulilindungi buatan singapura
Kominfo

Penelusuran

Setelah ditelusuri, klaim menyebut aplikasi PeduliLindungi buatan Singapura adalah salah. Dilansir dari merdeka.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantah kabar soal aplikasi PeduliLindungi buatan Singapura. Kemenkes menegaskan aplikasi PeduliLindungi dikerjakan oleh programer asal Indonesia.

"Bukan lah, aplikasi PeduliLindungi buatan kita kok, dikerjakan oleh programer dari Indonesia," kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Nadia Tarmizi

Adapun aplikasi PeduliLindungi digunakan untuk membantu pemerintah melakukan pelacakan digital agar dapat menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19). Nadia menjelaskan aplikasi ini dikembangkan oleh Telkom.

"Untuk server datanya berada di Pusat Data Nasional yang dikelola Kemenkominfo," ujarnya.

Sementara itu dilansir dari situs Kominfo, Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, menegaskan Aplikasi PeduliLindungi aman untuk digunakan. Menurutnya, aplikasi itu dijamin aman dengan Keputusan Menteri Kominfo No 171 Tahun 2020 yang melengkapi keputusan sebelumnya, yakni Keputusan Menteri Kominfo No. 159 Tahun 2020 tentang Upaya Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) melalui Dukungan Pos dan Informatika.

"Keputusan Menteri tersebut bersifat khusus dan juga untuk memberikan jaminan perlindungan data pribadi yang sesuai dengan perundang-undangan. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengingatkan masyarakat agar tidak percaya dengan isu yang beredar dan mengajak untuk menginstal PeduliLindungi," tandasnya

Kesimpulan

Aplikasi PeduliLindungi diklaim buatan Singapura adalah tidak benar. Faktanya, aplikasi PeduliLindungi merupakan buatan Indonesia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/peristiwa/kemenkes-tegaskan-aplikasi-pedulilindungi-dikerjakan-programer-indonesia.html
https://www.kominfo.go.id/content/detail/31860/siaran-pers-no-01hmkominfo012021-tentang-kominfo-tegaskan-aplikasi-pedulilindungi-aman-untuk-program-vaksinasi-covid-19/0/siaran_pers

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami