CEK FAKTA: Hoaks Bea Cukai Minta Bayaran Rp500 Ribu untuk Aktifkan IMEI Ponsel Hadia

CEK FAKTA: Hoaks Bea Cukai Minta Bayaran Rp500 Ribu untuk Aktifkan IMEI Ponsel Hadia
imei. ©2019 Android Central
CEK-FAKTA | 22 Juni 2022 10:52 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar pesan di aplikasi WhatsApp yang berisi biaya pengaktifan jaringan dan garansi resmi sebesar Rp500 ribu yang mengatasnamakan Bea Cukai. Dalam pesan disebutkan bahwa uang Rp500 ribu tersebut hanya sementara dan akan dikembalikan setelah 5 sampai 15 menit.

hoaks bea cukai minta bayaran rp500 ribu untuk aktifkan imei ponsel hadiah
┬ęTwitter

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa pesan berantai tersebut merupakan tindakan penipuan.

Masyarakat diminta untuk waspada dan melaporkan tindak penipuan ke aparat berwenang karena petugas Ditjen Bea dan Cukai. Sebab Bea Cukai tidak menggunakan nomor pribadi untuk menghubungi pihak pembayar bea cukai.

"Penipuan, Bea Cukai tidak pernah meminta sejumlah uang ke rekening pribadi dan tidak pernah melakukan pengancaman. Waspada jika dihubungi menggunakan nomor pribadi oleh oknum yang mengaku petugas Bea Cukai. Ini merupakan modus penipuan." tulis Bea Cukai di akun Twitternya @beacukaiRI.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/beacukaiRI/status/1535263072876920832?t=FHmD8pxRotNcPbYn76ZazQ&s=19
https://m.kominfo.go.id/content/detail/42454/hoaks-bea-cukai-meminta-uang-rp500-ribu-untuk-pengaktifan-jaringan-dan-garansi-resmi-apple-ibox/0/laporan_isu_hoaks

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini