CEK FAKTA: Hoaks Bendera Indonesia Berkibar di Konser Scorpions, Ini Faktanya

CEK FAKTA: Hoaks Bendera Indonesia Berkibar di Konser Scorpions, Ini Faktanya
Berita hoax. ©2014 Merdeka.com
CEK-FAKTA | 5 Juli 2022 17:32 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Unggahan yang mengklaim bendera Indonesia merah putih berkibar saat konser grup musik Scorpion di Polandia. Berkibar bendera merah putih disebut-sebut karena Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Unggahan tersebut berupa video menunjukkan dua buah bendera dibentangkan oleh sekumpulan penonton di tengah konser musik. Pertama bendera berwarna merah dan putih dan bendera Ukraina.

"KEREN bendera NKRI kita terbentang luas di konser group Scorpion dipolandia berkat presiden kita Jokowi
Ukraina n Rusia"

cek fakta hoaks bendera indonesia berkibar di konser scorpions
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, bendera berwarna merah dan putih yang dibentangkan saat konser Scorpion adalah bendera milik negara Polandia, bukan bendera Indonesia.

Bendara Polandia dan Ukraina yang dibentangkan sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina pada konser grup band Scorpion di Krakow, Polandia, pada 28 Mei 2022 waktu setempat.

Video yang sama diunggah akun Twitter @UkraineNewsLive pada 30 Mei 2022.

cek fakta hoaks bendera indonesia berkibar di konser scorpions
Twitter @UkraineNewsLive

"Saturday, May 28, at the concert of the legendary #German rock band #Scorpions in #Krakow, the Poles unfurled a huge flag of #Ukraine along with the #Polish flag as a sign of support for the #Ukrainian people."

Bendera Polandia sendiri memang memiliki warna yang sama dengan bendera Indonesia. Akan tetapi, bendera Polandia memiliki susunan warna putih merah, berkebalikan dengan bendera Indonesia yang memiliki susunan warna merah putih.

Kesimpulan

Bendera berwarna merah dan putih yang berkibar saat konser bukanlah bendera Indonesia. Tapi bendera Polandia dan Ukraina yang dibentangkan sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina pada konser grup band Scorpion di Krakow, Polandia, pada 28 Mei 2022 waktu setempat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/UkraineNewsLive/status/1531151772395393024
https://turnbackhoax.id/2022/07/02/salah-keren-bendera-nkri-kita-terbentang-luas-di-konser-group-scorpion-dipolandia-berkat-presiden-kita-jokowi/

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini