CEK FAKTA: Hoaks BPJS Kesehatan Otomatis Non-aktif Bila Tak Dipakai dalam Setahun

CEK FAKTA: Hoaks BPJS Kesehatan Otomatis Non-aktif Bila Tak Dipakai dalam Setahun
BPJS Kesehatan. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
CEK-FAKTA | 14 Februari 2022 11:32 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar informasi yang menyebutkan kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) otomatis akan dinonaktifkan apabila tidak digunakan dalam kurun waktu setahun.

Disebutkan juga kepada masyarakat agar menggunakan BPJS Kesehatan 1 kali selama setahun supaya kartunya tetap aktif.

"Assalamualaikum Bapak/ ibu/sdr/i Disini kami ingatkan lagi, bahwa kalau ada bapak ibu dan keluarga yang memiliki BPJS bantuan pemerintah atau Kartu KIS yang diberikan pemerintah, tolong selalu dipakai minimal 1 kali dlm setahun /6 blnWalaupun kita tidak sakit, minimal periksa kesehatan saja ke puskesmas.Karena aturan BPJS sekarang, dalam 1 tahun terakhir kartu tidak pernah dipakai, langsung di non aktifkan.Nanti kita susah lagi mengurusnya pada saat dibutuhkan.

Tolong sampaikan berita ini ke Sanak keluarga kita yang lain yang juga menggunakan BPJS pemerintah...Semoga informasi berguna bagi kita semua..."

Penelusuran

Dilansir dari Liputan6.com, Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Maruf. Dia menyebut unggahan tersebut itu tidak benar alias hoaks.

"Kami tegaskan itu hoaks ya. Tidak ada aturan seperti disebutkan dalam posting-an atau pesan berantai yang viral itu," ujar Iqbal saat dihubungi Jumat (11/2/2022).

hoaks bpjs kesehatan otomatis non aktif bila tak dipakai dalam setahun
Instagram @bpjskesehatan_ri

"Untuk penerima bantuan iuran, iurannya dibayarkan oleh pemerintah. Dan kita bisa memeriksa status kepesertaan melalui aplikasi JKN atau cek status melalui Chika di nomor WA 08118750400," ujarnya menambahkan.

Kesimpulan

Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS) otomatis akan dinonaktifkan apabila tidak digunakan dalam kurun waktu setahun adalah hoaks.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4884395/cek-fakta-tidak-benar-kartu-bpjs-kesehatan-bakal-non-aktif-jika-tidak-dipakai-minimal-sekali-setahun

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini