CEK FAKTA: Hoaks Cuitan KPK Soal Anggota DPR Dites Corona Hasilnya Korupsi

CEK FAKTA: Hoaks Cuitan KPK Soal Anggota DPR Dites Corona Hasilnya Korupsi
CEK-FAKTA | 25 Maret 2020 15:59 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar di media sosial Twitter terkait unggahan atas nama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bernarasi soal anggota DPR dites Corona malah positif korupsi.

Postingan tersebut diunggah di Twitter milik KPK @KPK_RI pada 23 Maret 2020 pukul 05.12 WIB. Berikut faktanya:

Penelusuran

Berdasarkan penelusuran, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tak pernah membuat postingan di sosial media anggota DPR dites Corona malah positif korupsi. KPK memastikan postingan tersebut hoaks.

Hal ini disampaikan langsung melalui akun Twitter milik KPK @KPK_RI,"[KLARIFIKASI] Sehubungan dengan beredarnya gambar cuitan dari akun @KPK_RI, kami tegaskan bahwa gambar cuitan tersebut HOAX," tulis KPK di akun resminya.

hoaks cuitan kpk

©2020 Merdeka.com/ twitter KPK

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri juga menegaskan jika unggahan atas nama KPK yang menyebutkan anggota DPR dites Corona malah positif korupsi adalah hoaks.

"Kami pastikan gambar yang beredar itu hoax," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (25/3/2020).

Ali menyebut, pihak lembaga antirasuah melalui twitter @KPK_RI dan IG Story @official.kpk telah membuat klarifikasi terhadap postingan gambar yang beredar seolah-seolah berasal dari twitter KPK itu.

Menurut Ali Fikri, postingan hoaks tersebut diunggah pada 23 Maret 2020 pukul 05.12 WIB. Di tanggal tersebut Ali memastikan, akun twitter milik KPK, yakni @KPK_RI mengunggah tentang Penyesuaian Layanan Publik KPK.

"Kami harap dalam situasi yang sulit ini semua pihak dapat lebih berempati sekaligus bertanggungjawab untuk menjaga diri tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain, termasuk membuat dan menyebarkan hoaks," kata Ali.

Kesimpulan

Postingan KPK yang bertuliskan tentang anggota DPR dites Corona malah positif korupsi tidak benar atau hoaks.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Fachrur Rozie (mdk/dan)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami