CEK FAKTA: Hoaks Direktur Jenderal WHO Adalah Bapak Antivaksin Sedunia

CEK FAKTA: Hoaks Direktur Jenderal WHO Adalah Bapak Antivaksin Sedunia
CEK FAKTA: Hoaks Direktur Jenderal WHO Adalah Bapak Antivaksin Sedunia. Kominfo
CEK-FAKTA | 15 Agustus 2022 11:30 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar sebuah video menampilkan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Dalam video tersebut disematkan narasi yang menggambarkan Tedros menolak untuk divaksin dan menyebut dia sebagai bapak antivaksin sedunia.

"BAPA ANTIVAX sedunia."

Penelusuran

Melansir dari laporan hoaks situs Kominfo, klaim bahwa Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menolak untuk divaksin adalah keliru.

Melalui akun Twitter pribadinya @DrTedros, Tedros mengatakan bahwa dirinya sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 pada 13 Mei 2021 dan menyebut bahwa vaksinasi Covid-19 merupakan tindakan yang sangat penting.

"Today it was my turn to get vaccinated
@Hopitaux_unige
against #COVID19. Vaccines save lives. It’s critical to get them to all counties A.S.A.P. If like me you live in a country where vaccines are available, please get vaccinated when it’s your turn," tulisnya dalam akun @DrTedros, 13 MEI 2022.

Dilansir dari kompas.com, video yang dibagikan tersebut merupakan cuplikan dari film dokumenter berjudul "How to Survive a Pandemic" yang diproduksi pada 2022 dan disutradarai oleh David France. Film ini menyoroti pekerjaan para peneliti di laboratorium, ilmuwan yang melakukan uji coba sukarela, dan jurnalis sains yang bekerja untuk tetap mengikuti lanskap yang berubah cepat saat Covid-19 menyebar.

Kesimpulan

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menolak untuk divaksin dan menjadi 'Bapak Anti Vaksin' adalah tidak benar. Faktanya, dirinya sudah vaksin Covid-19 pada 13 Mei 2021.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/43644/hoaks-video-bukti-direktur-jenderal-who-adalah-bapak-antivaksin-sedunia/0/laporan_isu_hoaks
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/08/06/161338882/hoaks-direktur-jenderal-who-bapak-antivax-sedunia?page=all

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini