CEK FAKTA: Hoaks Direktur Pusat Pengendalian Virus AS Sebut Vaksin Covid-19 Gagal

CEK FAKTA: Hoaks Direktur Pusat Pengendalian Virus AS Sebut Vaksin Covid-19 Gagal
Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2021 REUTERS/Dado Ruvic/File Photo
CEK-FAKTA | 6 Agustus 2021 13:39 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah unggahan menyebut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat tidak percaya dengan vaksin Covid-19. Informasi itu beredar di media sosial.

hoaks direktur cdc as sebuh vaksin covid 19 gagal
Instgram/@kanekongg

Dalam unggahan disebutkan Direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky, mengatakan vaksin Covid-19 sudah gagal, karena penyebaran Covid-19 makin parah.

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, dipastikan informasi tersebut adalah hoaks.

Dalam artikel Reuters berjudul "Fact Check-CDC director did not confess that vaccines are failing" pada 5 Agustus 2021, dijelaskan pihak CDC membantah informasi tersebut.

Juru Bicara CDC Kristen Nordlund mengatakan vaksin Covid-19 justru harus dilakukan. Karena, vaksin Covid-19 berfungsi untuk mencegah penyakit semakin parah, mengurangi pasien Covid-19 rawat inap, dan kematian akibat Covid-19.

"Tidak ada data CDC yang dirilis yang mengubah apa yang kita ketahui tentang vaksin," kata Juru Bicara CDC Kristen Nordlund.

Kesimpulan

Unggahan pernyataan Direktur CDC AS Dr. Rochelle Walensky soal kegagalan vaksin Covid-19 adalah hoaks. Pihak CDC AS justru meminta masyarakat untuk divaksin, untuk mencegah penyakit semakin parah, dan mencegah agar tak tertular virus tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami