CEK FAKTA: Hoaks Foto Ratusan Mobil Hangus Karena Ledakan di Lebanon

CEK FAKTA: Hoaks Foto Ratusan Mobil Hangus Karena Ledakan di Lebanon
CEK-FAKTA | 10 Agustus 2020 13:52 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah foto ratusan mobil dalam keadaan hangus beredar di media sosial Facebook. Foto ratusan mobil itu disebut-sebut hangus akibat ledakan di Lebanon.

hoaks foto mobil hangus karena ledakan di lebanon

Kominfo

"Hakikat Harta Dunia yg diperebutkan.

Ribuan mobil impor baru masih terparkir rapi di Pelabuhan Beirut, belum dikendarai,hanya dalam waktu singkat, kini laksana barang rongsokan yg tidak bisa dimanfaatkan lagi, diberikan gratis pun seseorang masih berfikir keras untuk menerimanya.

Begitulah hakikat kenikmatan Dunia, sementara dan cepat sirna."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto ratusan mobil dalam keadaan hangus bukan karena ledakan di Lebanon. Dalam artikel BBC berjudul "Tianjin blast: Images reveal extent of devastation" pada 13 Agustus 2015, dijelaskan bahwa ratusan mobil hangus berada di dekat Pelabuhan Tianjin, China.

Dalam artikel France24 berjudul "Deadly explosions hit northern Chinese city of Tianjin" pada 12 Agustus 2015, dijelaskan ada dua ledakan besar terjadi di kawasan industri di Pelabuhan Tianjin, China, pada Agustus 2015. Ledakan ini menewaskan 50 orang dan melukai lebih dari 700 orang.

Kekuatan ledakan terasa hingga menghantam blok apartemen dan mobil.

"Bola api itu sangat besar, mungkin setinggi 100 meter," kata Huang Shiting, 27 tahun, yang tinggal di dekat lokasi.

Ledakan itu dirasakan hingga beberapa kilometer, bahkan terdeteksi oleh satelit cuaca Jepang. Besarnya ledakan pertama setara dengan meledakkan 3 ton TNT, kata Pusat Jaringan Gempa China di akun Weibo. Kemudian ledakan kedua terjadi dengan kekuatan setara dengan 21 ton.

Kesimpulan

Foto ratusan mobil hangus yang disebut-sebut akibat ledakan di Lebanon adalah hoaks. Foto ratusan mobil itu diambil usai dua ledakan besar di Pelabuhan Tianjin, China, pada Agustus 2015.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami