CEK FAKTA: Hoaks Jalan Amblas di Kawasan Songgoriti Malang

CEK FAKTA: Hoaks Jalan Amblas di Kawasan Songgoriti Malang
Ilustrasi jalan rusak. ©2014 Merdeka.com
CEK-FAKTA | 17 Februari 2021 16:38 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Foto jalan amblas di kawasan Songgoriti, Kota Batu, Malang beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Dalam foto itu, terlihat jalan amblas hingga menghasilkan lubang yang dalam di tengah jalan.

hoaks jalan amblas di songgoriti
Kominfo

"Jl Songgoriti arah Klemuk ambles"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto tersebut bukan terjadi di Songgoriti, Kota Batu, Malang. Dalam artikel "Viral Lubang Menganga di Jalan Penghubung Brebes-Tegal" pada 13 Februari 2021, dijelaskan bahwa jalan berlubang berada di penghubung Brebes-Tegal.

Sebuah lubang menganga di jalan provinsi yang menghubungkan Brebes-Tegal, Jawa Tengah. Lubang itu muncul diakibatkan gorong-gorong yang amblas.
Video dan foto di lokasi yang berada di ruas Kaliwadas, Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, itu viral di media sosial. Menurut informasi peristiwa terjadi pagi tadi. Peristiwa itu sempat menarik perhatian warga yang melintas.

Saat dimintai konfirmasi, Plh Kepala BPBD Jateng, Arief Wahyudi, mengatakan laporan yang diperoleh dari BPBD Brebes terkait foto tersebut yaitu akibat gorong-gorong di bawah jembatan Naruh yang diduga tidak bisa menampung debit air.

"Amblasnya gorong-gorong jembatan Naruh jalan provinsi ruas Bumiayu Tuwel (Tegal) dikarenakan tidak mampu menampung debit air dari alur Kaliwadas, Batursari, Dukuh Kasa, dan Dukuh Tengah," kata Arief sesuai keterangan laporan yang ia peroleh, Sabtu (13/2/2021).

Besar amblasan di bawah jalan provinsi tersebut mencapai 8x8 meter. Karena berbahaya akses jalan tidak dapat dilalui sama sekali. Saat ini penanganan sudah dilakukan dengan penimbunan agar segera bisa dilintasi pengguna jalan.

"Dimensi lebar 8 meter panjang 8 meter, akses jalan tertutup total," ungkapnya.

Kemudian dalam artikel Radar Malang berjudul "Hoax, Video Jalan di Kawasan Songgoriti, Kota Batu Ambles" pada 14 Februari 2021, dijelaskan bahwa tidak ada jalan berlubang di Songgoriti, Kota Batu, Malang.

Alfi NH Kepala DPUPR Kota Batu memastikan kabar tersebut hoax. “Menanggapi berita viral tentang jalan ambles di medsos, perlu kami klarifikasi kalau berita ini tidak benar adanya,” ujarnya ketika dihubungi hari ini (14/2).

Sebab lokasi kejadian bukan di Kota Batu Jawa Timur, melainkan di perbatasan Brebes-Tegal, Jawa Tengah. “Tim DPUPR Kota Batu sudah berkeliling untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di Kota Batu,” tambahnya. Sehingga para pengguna jalan yang hendak melintas di Kawasan Songgoriti tak perlu khawatir.

Kesimpulan

Foto jalan amblas hingga berlubang cukup dalam di Songgoriti, Kota Batu, Malang adalah hoaks. Foto itu diambil saat jalan amblas di perbatasan Brebes-Tegal, Jawa Tengah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami