CEK FAKTA: Hoaks Joe Biden Ancam Bunuh Zelenskyy

CEK FAKTA: Hoaks Joe Biden Ancam Bunuh Zelenskyy
Joe Biden temui pasukan AS di dekat perbatasan Ukraina. ©REUTERS/Evelyn Hockstein
CEK-FAKTA | 27 Juli 2022 14:42 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang mengklaim Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengancam akan membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

"Biden tidak akan menyelesaikan masa jabatan pertama! Audio yang bocor - Biden mengancam akan membunuh presiden Ukraina!" narasi dalam unggahannya.

cek fakta hoaks joe biden ancam bunuh zelenskyy
Facebook

Penelusuran

Melansir dari situs PolitiFact, kabar Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengancam akan membunuh Presiden Ukraina Volodymyr tidaklah benar.

Video itu sendiri tidak memberikan bukti audio yang diduga bocor ini dan juga tidak memberikan sumber yang kredibel untuk menguatkan unggahan tersebut.

Faktanya, istri Zelenkyy, ibu negara Ukraina Olena Zelenska, mengunjungi Gedung Putih dan bertemu dengan keluarga Biden pada 19 Juli 2022 lalu.

Gedung Putih mengatakan Zelenska dan ibu negara AS Jill Biden akan "membahas dukungan berkelanjutan Amerika Serikat untuk pemerintah Ukraina. dan rakyatnya saat mereka membela demokrasi mereka."

Kesimpulan

Presiden AS Joe Biden mengancam akan membunuh Presiden UkrainaVolodymyr Zelenskyy adalah hoaks. Faktanya tidak ada sumber yang kredibel terkait klaim tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.politifact.com/factchecks/2022/jul/21/facebook-posts/no-biden-didnt-threaten-kill-zelenskyy/

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini