CEK FAKTA: Hoaks Kabar Munarman Lumpuh dan Disiksa di Rutan Polda Metro Jaya

CEK FAKTA: Hoaks Kabar Munarman Lumpuh dan Disiksa di Rutan Polda Metro Jaya
Munarman ditangkap Densus 88. ©istimewa
CEK-FAKTA | 1 Juni 2021 11:07 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Mantan Sekjen Front Pembela Islam (FPI) Munarman dikabarkan mengalami kelumpuhan dan penyiksaan di Rutan Polda Metro Jaya viral di sosial media Twitter.

Dikabarkan pula, Munarman susah untuk berbicara dengan jelas akibat terus mengalami penyiksaan di sel tahanan sejak dirinya ditangkap.

Berikut isi unggahannya:

BREAKING NEWS !!!
Bang Munarman terlupakan oleh kita, banyak kabar beredar jika beliau sekarang tidak bisa berjalan dan bisa jadi lumpuh permanen, juga susah untuk berbicara dgn jelas akibat terus2an mengalami penyiksaan sejak ditangkap 27 April 2021 lalu. Bahkan Munarman cuma diberi makan seminggu dua kali oleh polisi sehingga beliau sudah sangat teraniaya. Dan isu beredar jika itu desainernya Jokowi sendiri, REZIM LAKNATULLAH !!."

hoaks kabar munarman lumpuh dan disiksa di rutan polda metro jaya
Istimewa

Penelusuran

Informasi Munarman mengalami kelumpuhan dan penyiksaan di Rutan Polda Metro Jaya dibantah oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Melansir dari merdeka.com, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan Munarman dalam keadaan sehat.

"Munarman dalam kondisi sehat," tutur Rusdi saat dikonfirmasi, Senin (31/5).

Sebagai informasi Munarman saat ini sedang mendekam di Rutan Polda Metro Jaya lantaran telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana terorisme.

Sementara itu, Pengacara Munarman, Sugito Atmo Prawiro, menegaskan isu bahwa kliennya tak bisa berjalan dan lumpuh akibat penyiksaan usai ditangkap polisi terkait kasus terorisme merupakan kabar bohong alias hoaks.

"Setahu saya hoaks itu," katanya, dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (31/5).

Sugito menjelaskan bahwa kondisi Munarman saat ini masih dalam keadaan sehat dan tak kekurangan satu apapun. Ia juga mengatakan tim kuasa hukum sudah bisa menjenguk Munarman usai ditangkap polisi.

"Kondisinya baik-baik saja, kemarin tim juga sudah menjenguk baik-baik saja. Enggak ada masalah. Enggak ada yang seperti dicantumkan dalam postingan Facebook tersebut," kata Sugito.

Sugito juga mengatakan Munarman saat ini masih diperiksa untuk dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Munarman, kata dia, juga meminta agar proses penyelidikan yang dilakukan kepolisian untuk dipercepat.

"Masih berjalan biasa. Setahu saya sebentar lagi mau disidangkan," kata Sugito.

Kesimpulan

Kabar Munarman mengalami kelumpuhan dan penyiksaan di Rutan Polda Metro adalah hoaks. Mabes Polri memastikan saat ini Munarman dalam keadaan sehat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/peristiwa/polri-pastikan-munarman-di-tahanan-dalam-kondisi-sehat.html
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210531141905-12-648772/pengacara-sebut-isu-munarman-lumpuh-disiksa-hoaks (mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami