CEK FAKTA: Hoaks Link Pendaftaran PKH Tahap 2

CEK FAKTA: Hoaks Link Pendaftaran PKH Tahap 2
Ilustrasi bantuan PKH. ©2020 Merdeka.com/indonesia.go.id
CEK-FAKTA | 22 Juni 2022 13:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar pesan di media sosial yang berisi sebuah tautan pendaftaran Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 2 melalui tautan https://pkh22.my.id/?v=105GigaBytes.

Selanjutnya dalam tautan tersebut, masyarakat diminta untuk mendaftarkan diri dengan memasukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).

hoaks link pendaftaran pkh tahap 2
©Liputan6.com

Kementerian Sosial memastikan unggahan tersebut adalah hoaks. Kemensos tidak pernah membuat website ataupun tautan yang membuka pendaftaran untuk PHK Tahap 2.

Adapun penerima bantuan sosial PHK adalah masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan pemerintah daerah atau dapat mengajukan melalui aplikasi Cek Bansos.

Masyarakat diharapkan berhati-hati dan diimbau agar selalu mengecek ulang kebenaran sebuah informasi sebelum menyebarkannya.

Informasi mengenai bantuan sosial serta informasi lainnya bisa dicek melalui website Kementerian sosial kemensos.go.id maupun akun resmi media sosial Kemensos yang sudah terverifikasi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://kemensos.go.id/informasi-hoax-pendaftaran-pkh-tahap-2

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini