CEK FAKTA: Hoaks Mamah Dedeh Meninggal Dunia

CEK FAKTA: Hoaks Mamah Dedeh Meninggal Dunia
CEK-FAKTA | 27 Mei 2020 08:58 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Beredar kabar meninggalnya Dedeh Rosidah atau Mamah Dedeh di aplikasi pesan instan WhatsApp. Kabar tersebut menyebutkan Mamah Dedeh meninggal di sebuah rumah sakit di Tangerang, Banten.

Berikut isinya:

"Innaa lillaahi wa inna illaihi Roojiuun.. Telah berpulang ke Rahmatullah Ustazah tercinta panutan muslim tanah air, MAMAH DEDEH pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020, pukul 22.28 WIB, karena sakit di EKA HOSPITAL BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG BANTEN."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, kabar tersebut adalah hoaks. Rekan Mamah Dedeh, Ustad Yusuf Mansyur menjelaskan kabar kesehatan Mamah Dedeh Saat ini melalui akun Instagram pribadinya @yusufmansurnew.

"MAMAH DEDEH MENINGGAL?
.
.
Berita bahwa Mamah Dedeh wafat pagi ini... Alhamdulillaah. Hoax...
.
.
Saya ngebel beliau lsg. Dan dijawab. Ceria. Sehat banget. Khasnya Mamah Dedeh. Ketawa2 renyah. Happy. Dan kata Mamah, saya orang yg ke 4 sd pagi barusan yg konfirmasi. Hehehe.
.
.
Demikian ya. Agar jd pelurusan berita. .
.
Adapun yg wafat, memang ada Mamah Dedeh juga. Tp Kwarda Pramuka Banten. Agaknya dari sini muncul kesalahan baca. Khasnya Indoensia dah. Sebagiannya ga mau baca. Lsg share2 gbr. Ttnyata bukan Mamah Dedeh di TV.
.
.
Yuk, kita doakan Mamah Dedeh yg wafat tsb. Dan Mamah Dedeh guru kita di TV. Dan Mamah2 lain sedunia... Al Faatihah..."

Pihak keluarga juga membantah kabar meninggalnya Mamah Dedeh.

Dalam artikel Republika berjudul "Keluarga: Mamah Dedeh Meninggal Dunia Itu Hoaks" pada 27 Mei 2020, dijelaskan pula bahwa kondisi Mamah Dedeh masih dalam keadaan sehat.

"Mamah masih sehat. Itu kabar hoaks. Hoaks semua itu, saya juga nggak tahu, nih," kata menantu dari anak kedua Mamah Dedeh, Fitra Maryadi, ketika dihubungi Republika, Rabu (27/5).

Fitra mengatakan, ini bukan kali pertama tersebarnya kabar palsu soal Mamah Dedeh meninggal dunia. "Sudah 2 atau 3 kali," kata Fitra.

Terkait banyaknya kabar palsu itu, kata Fitra, Mamah merespons dengan meminta semua pihak untuk mendoakan saja agar dirinya tetap sehat dan panjang umur.

Adapun, kondisi Mamah saat ini, kata Firta, kesehatannya baik-baik saja. Mamah masih beraktivitas seperti biasa di rumah Fitra. "Karena imbauan dari kelurahan untuk tidak open house Lebaran, makanya Mamah kami ungsikan ke rumah saya. Rumah saya di Depok juga," kata Fitra.

Kesimpulan

Kabar meninggalnya Mamah Dedeh yang tersebar di aplikasi WhatsApp adalah hoaks. Mamah Dedeh saat ini masih dalam keadaan sehat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami