CEK FAKTA: Hoaks Marc Marquez Ditolak RS Mataram Usai Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

CEK FAKTA: Hoaks Marc Marquez Ditolak RS Mataram Usai Kecelakaan di Sirkuit Mandalika
Marc Marquez. ©2014 MotoGP.com
CEK-FAKTA | 24 Maret 2022 12:09 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Viral di media sosial tentang pembalap MotoGP Marc Marquez yang disebut ditolak Rumah Sakit karena tidak memiliki BPJS saat mengalami kecelakaan saat lap pemanasan di Sirkuit Mandalika.

Dalam narasinya, karena ditolak Marquez akhirnya pergi ke tukang urut. Unggahan tersebut dilengkapi dengan foto Marquez yang sedang diurut.

"Sempat di tolak Puskesmas karna ga punya BPJS, team Honda membawa Markeso eeh Marquez ke Sangkal putung."

hoaks marc marquez ditolak rs
┬ęTwitter

Penelusuran

Hasil penelusuran, informasi tentang Marc Marquez ditolak rumah sakit karena tidak memiliki BPJS adalah tidak benar. Marc Marquez melalui akun Instagramnya, @marcmarquez93, menulis jika dia mendapat perawatan usai kecelakaan di Rumah Sakit Mataram.

"Saya baik-baik saja setelah kecelakaan besar yang saya alami pagi ini. Untuk tindakan pencegahan, dan untuk tidak mengambil risiko lagi, kami memutuskan untuk tidak balapan di #GP Indonesia. Saya ingin berterima kasih kepada semua tim medis MotoGP dan Rumah Sakit Mataram untuk perawatan diterima. Terima kasih atas semua pesan dukungan Anda," tulis Marquez.

Sementara itu dilansir dari Turnbachoax, kabar Marc Marquez yang melakukan terapi urut untuk mengobati cedera yang dialaminya merupakan informasi yang tidak benar. Diketahui gambar yang menjadi sumber hoaks merupakan hasil olah digital sebagai bentuk candaan. Belakangan gambar tersebut digunakan oleh warganet untuk menyebarkan narasi bahwa Marc Marquez sedang menjalani terapi urut dengan tempat yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Klaim Marc Marquez ditolak rumah sakit karena tidak memiliki BPJS dan Marquez yang melakukan terapi urut untuk mengobati cedera adalah hoaks. Faktanya Marquez mendapat perawatan di Rumah Sakit Mataram. Dan foto Marquez diurut hasil editan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/CbUry89I2bK/
https://turnbackhoax.id/2022/03/23/salah-pembalap-marc-marquez-sedang-di-bulukumba-untuk-di-urut/

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami