CEK FAKTA: Hoaks Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Cucu Sunan Kalijaga

CEK FAKTA: Hoaks Ma'ruf Amin Sebut Jokowi Cucu Sunan Kalijaga
CEK-FAKTA | 10 Juli 2020 15:24 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar gambar tangkapan layar berita dari merdeka.com, dengan foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan jika Presiden Jokowi pewaris Indonesia karena beliau cucu Sunan Kalijaga.

Gambar tersebut diunggah akun Facebook Takeda Hitochi pada 4 Juli 2020. Berikut narasinya:

Makruf Amin. jokowi pewaris indonesia krn beliau cucu sunan kali jaga

hoaks ma039ruf amin sebut jokowi cucu sunan kalijaga

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusurI klaim Ma'ruf Amin yang menyebutkan jika Presiden Jokowi pewaris Indonesia karena beliau cucu Sunan Kalijaga. Hasilnya, judul tersebut merupakan hasil suntingan.

Gambar itu berasal dari berita merdeka.com berjudul "Ma'ruf Amin: Jika Jokowi Menang Akan Kami Wariskan Negara yang Maju Ini" yang dimuat pada Minggu 25 November 2018 lalu.

hoaks ma039ruf amin sebut jokowi cucu sunan kalijaga

©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengaku akan mewariskan negara maju jika dia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden di Pilpres 2019. Hal itu ia katakan dalam acara deklarasi para relawan Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf (Remaja) di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (25/11).

"InsyaAllah Jika kami dan Pak Joko Widodo terpilih. InsyaAllah maka akan kita wariskan Indonesia yang maju untuk kalian semua," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan Jokowi telah meletakkan dasar pembangunan negara. Pembangunan itu ia anggap sebagai tonggak bagi Jokowi-Ma'ruf untuk maju ke 2019 serta bisa dilanjutkan secara estafet oleh kaum remaja.

"Selama lima tahun ini Pak Jokowi dengan satu periode telah meletakkan dasar itu telah membangun infrastruktur pendidikan dan ini kita jadikan sebagai milestone untuk melompat," ujarnya.

"Dan mudah-mudahan, InsyaAllah Pak Jokowi bersama saya akan meneruskan itu," sambungnya.

Mantan petinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menjelaskan ada nawacita lain setelah meletakkan tonggak pembangunan negara, yakni memanfaatkan yang sudah ada secara maksimal. Salah satu caranya, melalui pembangunan kebutuhan yang belum ada di Indonesia.

"Utility yaitu memanfaatkan itu. Dengan apa? dengan memperbesar manfaat atau maslahat yang sudah ada. Dengan apa? dengan menambah yang belum ada. Dengan apa? melakukan yaitu penataan penyesuaian, relation terhadap apa yang belum sempurna," tutup Ma'ruf.

Kesimpulan

Klaim Ma'ruf Amin yang menyebutkan jika Presiden Jokowi pewaris Indonesia karena beliau cucu Sunan Kalijaga adalah hoaks. Faktanya, judul tersebut merupakan hasil suntingan.

Artikel aslinya berasal dari merdeka.com dengan judul "Ma'ruf Amin: Jika Jokowi Menang Akan Kami Wariskan Negara yang Maju Ini" yang dimuat pada Minggu 25 November 2018 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami