CEK FAKTA: Hoaks Menggosok Getah Daun Kemangi ke Kulit Bisa Sembuhkan Gatal

CEK FAKTA: Hoaks Menggosok Getah Daun Kemangi ke Kulit Bisa Sembuhkan Gatal
Ilustrasi daun kemangi. ©Shutterstock/B. and E. Dudzinscy
CEK-FAKTA | 18 Oktober 2021 13:28 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah unggahan menyebutkan khasiat getah daun kemangi yang bisa menyembuhkan gatal di kulit. Informasi itu menyebutkan, cara menghilangkan gatal dengan menggosokkan getah daun kemangi di kulit.

"Cukup gosokkan daun kemangi ditempat yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemanginya keluar ya karna yang jadi obatnya itu getah daunnya Indahnya berbagi."

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut adalah hoaks.

Dalam artikel kompas.com berjudul "[HOAKS] Getah Kemangi Bisa Sembuhkan Gatal pada Kulit" pada 14 Oktober 2021, dijelaskan menggosok daun kemangi di kulit malah menyebabkan iritasi.

"Itu informasi hoaks, belum terbukti getah daun kemangi dapat mengobati gatal pada kulit," kata dokter spesialis kulit dan kelamin yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dr Dedianto Hidajat.

Dedi menjelaskan daun kemangi mengandung berbagai zat atau ekstrak bagi kesehatan kulit, seperti antibakteri, anti radang, bahkan antioksidan.

Dedi menambahkan, daun kemangi biasanya dikonsumsi sebagai lalapan, namun harus dicuci terlebih dahulu. Daun kemangi juga bisa dioleskan di kulit, namun harus melewati proses pengekstrakan.

Jika menggosok kulit dengan daun kemangi tanpa melalui proses pengekstrakan, maka kulit akan mengalami iritasi.

"Dalam daun kemangi utuh walau banyak manfaatnya, namun bila digunakan tidak tepat seperti langsung menggosoknya bisa menimbulkan iritasi pada kulit," ujar Dedi.

Kesimpulan

Informasi menggosokkan daun kemangi di kulit bisa menyembuhkan gatal adalah hoaks. Menggosokkan getah daun kemangi yang belum melalui proses pengekstrakan ke kulit, akan menimbulkan iritasi kulit.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami