CEK FAKTA: Hoaks Minyak Goreng Mengandung Babi

CEK FAKTA: Hoaks Minyak Goreng Mengandung Babi
CEK-FAKTA | 29 Oktober 2020 12:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Sebuah postingan gambar minyak goreng bermerek ASRI buatan Malaysia beredar di media sosial Facebook. Salah satu pengunggah foto itu menuliskan bahwa minyak goreng ASRI terbuat dari minyak babi.

tangkapan layar facebook tentang minyak goreng mengandung babi

"klo di lihat memang bagus terkesima dg nama “ASRI” seakan akan Islami, padahal minyak goreng ini terbuat dari minyak babi…produksi LEONG HUP produk baru yg di beri nama “”ASRI” dr malaka…adalah china terkaya yg punya peternakan BABI terbesar di Malaka…oleh karena itu tlg sebarkan / viralkan ke semua saudara” muslim di seluruh nusantara"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Minyak Goreng Merek Ini Terbuat dari Minyak Babi? Ini Faktanya" pada 29 Oktober 2020, dijelaskan bahwa produk minyak goreng tersebut sudah terdaftar halal secara resmi di Malaysia.

"Dilansir situs resmi halal Malaysia halal.gov.my, minyak goreng merk ASRI bukan diproduksi Leong Hup, tapi diproduksi oleh Asri Vegetable Oil Products. Minyak goreng tersebut juga sudah mendapatkan sertifikat halal.

Sementara itu, perusahaan Leong Hup juga terdaftar dalam website portal halal Malaysia. Perusahan itu tidak memproduksi minyak goreng dari minyak babi ataupun memiliki peternakan babi terbesar di Malaka. Perusahaan tersebut memiliki 77 produk olahan ayam. Perusahaan tersebut memiliki peternakan ayam."

Kesimpulan

Informasi produk minyak goreng ASRI yang berbahan dasar minyak babi adalah hoaks. Minyak goreng merk ASRI bukan diproduksi Leong Hup dan tidak berbahan dasar minyak babi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami