CEK FAKTA: Hoaks Paket COD Berisi Narkoba di Yogyakarta

CEK FAKTA: Hoaks Paket COD Berisi Narkoba di Yogyakarta
Ilustrasi paket. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/hxdbzxy
CEK-FAKTA | 3 Oktober 2022 11:06 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebuah unggahan beredar dengan narasi adanya sindikat paket narkoba dari China mengirim secara COD ke sebuah alamat di Yogyakarta. Narasi itu dibagikan di status WhatsApp dengan menyertakan gambar paket dibungkus dengan tulisan COD-JOG.

Dapet info dr Jogya, bahwa mulai ada paket2 yg dikirim ke rumah2, ke toko2 & ke kantor, akan terus berdatangan COD tsb. Katanya dr China. Padahal sipenerima tdk pernah order barang.
Hati2 ini penipuan
Sindikat narkoba!
Nanti lkalau kita tolak, bilang kita gk order ini barang, dipengantar akan meminta kita difoto bersama prderan barangnya, katanya utk konfirmasi ke China.
Jangan mau difoto.
Biar ngotot maksa pun jangan mau difoto.
Ini pemerasan jaringan narkoba!
Tolong info semua saudara/I & teman2!” tulisnya.

Penelusuran

Dilansir dari Instagram @jabarsaberhoaks narasi ini merupakan isu lama yang beredar kembali. Tahun 2018 lalu hal ini sudah pernah diklarifikasi kebenarannya.

Foto yang beredar juga identik dengan foto yang pernah diunggah detik.com pada 19 September 2022.

Dilansir liputan6, peristiwa bermula saat kurir jasa pengiriman barang membawa paket tersebut ke alamat penerimanya pada Rabu 12 September 2018.

Tetapi, pihak penerima tidak merasa memesan barang dengan metode pembayaran di tempat atau Cash On Delivery (COD). Kurir sempat meminta untuk dikembalikan dengan menyertakan foto KTP tetapi yang bersangkutan tidak memenuhi permintaan tersebut.

Polisi kemudian menemui manajer jasa pengiriman barang di Yogyakarta pada Selasa 18 September 2018.

Dirreskrimum Polda DIY, Kombes Pol Hadi Utomo menyebutkan pihak kepolisian sudah melakukan pemeriksaan terhadap paket tersebut dan ternyata paket dari China itu berisi jam tangan.

Kesimpulan

Narasi tentang klaim paket COD berisi narkoba adalah tidak benar. Paket tersebut berisi jam tangan yang berasal dari China.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/CizOIP2DqPG/?igshid=NGIzOGRhOTI%3D

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini