CEK FAKTA: Hoaks Pasutri Bunuh Diri di Roxy Mas Jakarta, Ini Faktanya

CEK FAKTA: Hoaks Pasutri Bunuh Diri di Roxy Mas Jakarta, Ini Faktanya
CEK-FAKTA | 16 November 2020 13:39 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Viral video peristiwa pasangan suami istri (pasutri) bunuh diri diklaim terjadi di pertokoaan Roxy Mas Jakarta.

Dalam video yang salah satunya diunggah akun Twitter @t_siswo, bernarasi jika pasutri ini nekat bunuh diri karena jualannya sepi dampak dari pendemi Covid-19. Berikut narasinya;

"INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI ROJION Di Roxy Mas Jkt, bos toko bunuh diri loncat dari atas yg cowok dulu, menyusul bininya…katanya frustasi,…dagang sepi….hutang banyak ga bisa bayar….dampak covid 19 ???"

hoaks pasutri bunuh diri di roxy mas jakarta ini faktanya

©Turnbackhoax

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim pasutri bunuh diri di Roxy menggunakan Google Search dengan kata kunci "pasutri bunuh diri di roxy mas jakarta".

Hasil penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Viral Video Pasutri Bunuh Diri, Polisi: Hoaks, Itu Peristiwa di Bandung" dimuat oleh Okezone pada 14 November 2020.

Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta menegaskan, video viral pasangan suami istri (pasutri) bunuh diri yang menyebut lokasi di Roxy merupakan hoaks alias informasi bohong. Peristiwa itu terjadi pada tahun 2017 di Bandung.

"Hoaks itu. Bukan di Roxy tapi di Apartemen Gateway Bandung, Jawa Barat," kata Budi di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (13/11/2020).

Ia meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan video tersebut. Karena selain menampilkan adegan berbahaya, kejadian itu juga sudah lama berlalu.

"Kepada masyarakat diimbau tidak termakan hoaks dan menyebarkannya," imbau Budi.

Kemudian dilansir dari merdeka.com dalam artikel berjudul "2 Perempuan loncat dari apartemen di Bandung merupakan kakak beradik" dimuat pada 24 Juli 2017.

Dalam artikel ini, dijelaskan dua perempuan yang melakukan aksi bunuh diri dengan meloncat dari lantai lima apartemen Gateway Bandung, merupakan kakak beradik. Identitas keduanya yakni Elviana Parubak (34) dan Eva Setiany Parubak (28).

"Keduanya memang merupakan adik kakak hasil dari keterangan kakaknya yang bernama Rionald Parubak," kata Kapolsek Cibeunying Kidul Kompol Anton Purwantoro saat ditemui di lokasi, Senin (24/7).

Elviana terlebih dahulu melompat dari lantai 5A sekitar pukul 17.00 WIB. Selang beberapa detik sang adik menyusul melakukan hal serupa. Korban tewas lantaran luka serius di beberapa bagian tubuh usai terhempas dari ketinggian.

Kesimpulan

Peristiwa bunuh diri yang diklaim terjadi di Roxy Mas Jakarta, adalah tidak benar. Faktanya, peristiwa tersebut terjadi pada tahun 2017, di mana aksi bunuh diri merupakan o kakak adek dengan meloncat dari lantai lima apartemen Gateway Bandung.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami