CEK FAKTA: Hoaks Penambahan Peserta SKB CPNS 2019 di Kemendes PDTT

CEK FAKTA: Hoaks Penambahan Peserta SKB CPNS 2019 di Kemendes PDTT
CEK-FAKTA | 16 Juli 2020 18:45 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar surat yang diklaim berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) perihal perubahan dan penambahan peserta seleksi CPNS 2019 yang lolos SKD dan berhak mengikuti SKB di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes DPTT).

Berikut isu surat edaran terkait penambahan peserta seleksi CPNS 2019 di Kemendes DPTT;

"Berkenaan dengan surat keputusan Panitia Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 No. B/327/M.SM.01.00/2020 tanggal 21 April 2020 perihal Perubahan Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Tahun 2019, maka dengan ini kami sampaikan data tambahan peserta yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Instansi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (daftar nama terlampir)."

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri surat edaran terkait perubahan dan penambahan peserta seleksi CPNS 2019 yang lolos SKD dan berhak mengikuti SKB di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes DPTT).

Kemendes DPTT melalui akun Twitternya @CPNSKemendesa menyatakan surat yang beredar tersebut adalah surat palsu. Seluruh proses hanya akan diinformasikan melalu website resmi Kementerian atau website sscn.

hoaks penambahan peserta skb cpns 2019 di kemendes pdtt
Kemendes

"Diinformasikan kepada para sobat desa peserta seleksi CPNS Kemendesa, PDT, dan Transmigrasi Formasi Tahun 2019, agar berhati-hati terhadap penipuan dengan modus surat palsu. Seluruh proses hanya akan diinformasikan melalu website resmi Kementerian dan/ atau website sscn."

"Seluruh proses seleksi CPNS gratis tidak dipungut biaya, sehingga jika ada modus meminta uang dengan menjanjikan sobat Desa bisa lulus SKD dan/ atau SKB, atau bisa menjadi CPNS tanpa tes, mohon untuk tidak percaya."

Kesimpulan

Surat edaran terkait perubahan dan penambahan peserta seleksi CPNS 2019 yang lolos SKD dan berhak mengikuti SKB di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi adalah hoaks.

Kemendes DPTT melalui akun Twitternya @CPNSKemendesa menyatakan surat yang beredar tersebut adalah surat palsu. Seluruh proses hanya akan diinformasikan melalu website resmi Kementerian atau website sscn.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami