CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Keluarkan Keppres Kedaruratan Keuangan Negara

CEK FAKTA: Hoaks Presiden Jokowi Keluarkan Keppres Kedaruratan Keuangan Negara
Presiden Jokowi Hadiri KTT APEC. ©2020 Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
CEK-FAKTA | 5 April 2021 18:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Beredar informasi Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keppres Kedaruratan Keuangan Negara. Informasi tersebut mencantumkan sebuah surat dengan narasi sebagai berikut:

hoaks presiden jokowi keluarkan keppres kedaruratan keuangan negara
istimewa

"PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

MEMUTUSKAN

Menetapkan: KEPUTUSAN PRESIDEN TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KEUANGAN NEGARA KESATU: Menetapkan bahwa Dana SBI (080264) -24 SD sebagai:

Dana Bantuan unutk dipergunakan Pembangunan dan Mensejahterakan Rakyat.

KEDUA: Menetapkan Kedaruratan Keuangan Negara Indonesia, yang wajib ditangani secepatnya. Selambat lambatnya pada Tanggal 31 Maret 2021 (diharapkan Seluruh Bank Terkait untuk bekerja sama demi kelancaran Pencairan Dana SBI tersebut diatas).

KETIGA: Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Kemensetneg Tegaskan Keppres Kedaruratan Keuangan Negara Hoaks" pada 5 April 2021, dijelaskan bahwa Presiden Jokowi tidak mengeluarkan keputusan tersebut.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono Sugiarto menegaskan, pemerintah tidak pernah menerbitkan keputusan presiden tentang penetapan kedaruratan keuangan negara.

"Itu hoaks," tegas Eddy dalam keterangan persnya, Senin (5/4).

Eddy juga mengatakan, tidak ada berita/informasi terkait dengan telah diterbitkannya keputusan itu dari negara. Diketahui, kabar bohong itu beredar sejak tanggal 17 Maret 2021.

"Dalam berita itu mencuat pernyataan bahwa Dana SBI (080264)-24 SD sebagai Dana Bantuan untuk dipergunakan Pembangunan dan Menyejahterakan Rakyat serta menetapkan Kedaruratan Keuangan Negara Indonesia," kata Eddy menjelaskan.

Dengan keterangan ini, Eddy memastikan hal tersebut tidak benar. Karena sampai dengan saat ini Pemerintah tidak pernah menerbitkan Keputusan Presiden mengenai penetapan kedaruratan keuangan negara.

"Jadi kembali kami nyatakan bahwa berita/informasi yang beredar tersebut adalah tidak benar (hoaks)," dia menandasi.

Kesimpulan

Informasi Presiden Jokowi mengeluarkan Keppres Kedaruratan Keuangan Negara adalah hoaks. Presiden Jokowi tidak mengeluarkan keputusan tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami