CEK FAKTA: Hoaks, Racun Disebar di Langit Jagakarsa

CEK FAKTA: Hoaks, Racun Disebar di Langit Jagakarsa
hoaks racun disebar di jagakarsa. Kominfo
CEK-FAKTA | 13 September 2021 15:22 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Viral media sosial sebuah video yang memperlihatkan gambar garis putih di langit. Dalam video tersebut terdengar suara seorang pria menyebut garis putih itu adalah racun yang disebar di langit Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Di atas langit Jagakarsa, di atas langit Jagakarsa racun disebar. Parah, parah, parah," kata pria tersebut.

Penelusuran

Dilansir dari laporan hoaks Kominfo, Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah menegaskan bahwa klaim pada video yang beredar tersebut adalah hoaks.

"Iya, hoaks," ujar Indan dikutip Kompas.com.

Indan menjelaskan bahwa garis putih di langit tersebut merupakan jejak kondensasi pesawat terbang (condensation trail). Hal tersebut terjadi karena hasil dari pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat.

Condensation trail adalah hasil dari pengembunan udara dengan kadar air tinggi yang bergesekan dengan mesin pesawat. Indan mengatakan, ada pula yang menyebut vapor trails.
Ketika garis putih berpendar atau melebar seperti awan, disebut aviaticus cloud.

Indan menjelaskan, untuk keperluan tertentu memang ada beberapa misi penerbangan dengan membawa bahan kimia.

"Contoh misi TMC, pesawat membawa NaCl disebar di area yang berawan untuk tujuan mempercepat terjadinya hujan," ujar Indan.

Untuk kepentingan memadamkan kebakaran di suatu wilayah, ada pula pesawat yang membawa bahan kimia. Selain itu, ada pesawat yang membawa pupuk atau zat kimia antihama untuk menghentikan serangan hama pada area pertanian atau perkebunan.

Kesimpulan

Klaim racun disebar di langit Jagakarsa adalah hoaks. Garis putih di langit tersebut merupakan jejak kondensasi pesawat terbang (condensation trail).

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/11/114500665/video-viral-garis-putih-di-langit-jagakarsa-bukan-racun-yang-disebar?page=all#page2

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami