CEK FAKTA: Hoaks, Razia Kendaraan Plat DW Usai Bentrok Mahasiswa di Makassar

CEK FAKTA: Hoaks, Razia Kendaraan Plat DW Usai Bentrok Mahasiswa di Makassar
Razia Knalpot Bising Sepeda Motor. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia
CEK-FAKTA | 1 Desember 2021 12:20 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar kabar adanya razia kendaraan plat DW usai bentrok antarmahasiswa asal Bone dan Luwu Raya di Makassar.

"Ijin sekedar info terkini, smntra situasi di makasar memanas antara org bone dan palopo.. mereka saling tikam di jalan, plat kendaraan DW lgsung di tikam.. Ijin yg punya keluarga di makasar tlong di infokan," narasi yang beredar.

hoaks razia kendaraan plat dw usai bentrok mahasiswa di makassar
©Liputan6.com

Penelusuran

Setelah ditelusuri, kabar adanya razia kendaraan plat DW tidak benar. Dilansir dari Sindonews.com, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana memastikan informasi akan adanya sweeping atau razia yang berplat kendaraan DW dan DP imbas penyerangan asrama mahasiswa daerah adalah hoaks. Masyarakat maupun mahasiswa dari Bone dan Luwu Raya diimbau tenang.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di jajaran kepolisian Kota Makassar saat melakukan pertemuan dengan aparatur pemerintah, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dari dua daerah tersebut. Pertemuan dilakukan di salah satu kafe di Kecamatan Mamajang, Minggu (28/11/2021) sore.

"Sweeping-sweeping itu tidak ada. Kami sudah melakukan kegiatan-kegiatan preventif, pencegahan untuk tetap menjaga Makassar ini kondusif. Sekali lagi jangan terpancing isu ini. Kalau ini terjadi kami akan berikan tindakan," tegas Witnu.

Ia mengimbau masyarakat, khususnya mahasiswa baik dari Luwu Raya maupun Bone untuk tidak terpancing dengan isu tersebut. "Jangan lagi menyebarkan pesan-pesan hoaks. Masalah ini sedang kami tangani," ungkap Witnu.

Kesimpulan

Kabar adanya sweeping atau razia yang berplat kendaraan DW imbas penyerangan asrama mahasiswa di Makassar adalah hoaks. Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana, mengimbau agar tidak terpancing dengan isu tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://makassar.sindonews.com/read/612869/710/polisi-minta-masyarakat-tidak-terpancing-isu-razia-kendaraan-plat-dw-dan-dp-1638144717

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami