CEK FAKTA: Hoaks Rumah Ustaz Abdul Somad Terbakar

CEK FAKTA: Hoaks Rumah Ustaz Abdul Somad Terbakar
Ustaz Abdul Somad. ©Instagram/Ustadz Abdul Somad
CEK-FAKTA | 20 Mei 2022 14:11 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar informasi yang menyebutkan rumah Ustaz Abdul Somad (UAS) ludes terbakar. Informasi tersebut memperlihatkan video UAS tengah memantau sebuah rumah yang habis terbakar.

Narasi dalam video sebagai berikut:

"Rumah yang menjadi alamat KTP UAS Pertama kali di Pekanbaru terbakar

Rumah UAS Terbakar Ludes, Begini Kondisi Rumah uas yang terbakar."

hoaks rumah ustaz abdul somad terbakar
©Facebook

Penelusuran

Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan klarifikasinya melalui video yang diunggah diakun Instagram resminya @ustadzabdulsomad_official. UAS mengatakan informasi rumahnya ludes terbakar adalah tidak benar alias hoaks.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan, rumah terbakat yang dia kunjungi di Pekanbaru merupakan rumah sahabatnya.

"Yang betul adalah bahwa hari Sabtu pagi, saya menjenguk rumah sahabat saya. Sahabat saya, rumahnya kebakaran di Pekanbaru. Saya jenguk sebagai bentuk bela sungkawa, simpati, sebagai sahabat. Gambar saya itu dishare orang, lalu dibuat beritanya rumah saya kebakaran. Yang betul adalah rumah sahabat saya, mudah-mudahan kita lebih cerdas lagi bermedsos, yang menyebar berita macem-macem mendapat hidayah," kata UAS dalam video yang diunggah pada 16 Mei 2022.

Kesimpulan

Informasi rumah Ustaz Abdul Somad (UAS) ludes terbakar adalah tidak benar alias hoaks. Faktanya, UAS menjenguk rumah sahabatnya yang terbakar di Pekanbaru.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami