CEK FAKTA: Hoaks Sekolah di DKI Jakarta Dibuka Saat PSBB Transisi

CEK FAKTA: Hoaks Sekolah di DKI Jakarta Dibuka Saat PSBB Transisi
CEK-FAKTA | 13 Oktober 2020 16:05 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Informasi sekolah kembali dibuka beredar di media sosial Facebook. Informasi itu berupa tangkapan layar sebuah berita berjudul "Sekolah Kembali Dibuka dengan Protokol Keselamatan COVID-19" Dalam tangkapan layar tersebut, tertulis nama Pemprov DKI Jakarta.

hoaks sekolah di dki jakarta dibuka
Liputan6

Akun Facebook yang mengunggah informasi tersebut menuliskan keterangan sebagai berikut:

"Horeeeee masuk sekolahh lagiiiii , aman ? amannn , kan dimana mana sudah dijaga om protokol , paling polll jadi senasib kayak brazil & israel . caiyooooo brazil , caiyoo israel ...."

Penelusuran

Informasi sekolah di DKI Jakarta dibuka selama PSBB transisi adalah hoaks. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Disdik DKI Tegaskan Belum Ada Sekolah Boleh Dibuka di Masa PSBB Transisi" pada 11 Oktober 2020, dijelaskan bahwa sekolah di DKI Jakarta belum dibuka.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan belum ada keputusan kegiatan belajar mengajar di sekolah meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan.

"Belum," ujar singkat Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susi Nurhati, Minggu (11/9).

Dalam Peraturan Gubernur Nomor 101 Nomor 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, Pasal 9 Ayat 1 diatut mengenai upaya pencegahan penularan Covid-19 di lingkup sekolah.

Kemudian saat merdeka.com mencari sumber berita yang tersebar, berita mengarah pada artikel sindonews.com berjudul "PSBB Transisi, Peraturan Ganjil Genap Masih Ditiadakan" pada 11 Oktober 2020.

Kesimpulan

Informasi sekolah di DKI Jakarta sudah boleh dibuka adalah hoaks. Pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta membantah kabar tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami