CEK FAKTA: Hoaks Tenda Ambruk Saat Pesta Pernikahan Sebabkan 25 Orang Meninggal

CEK FAKTA: Hoaks Tenda Ambruk Saat Pesta Pernikahan Sebabkan 25 Orang Meninggal
Ilustrasi Hoax. ©2017 Merdeka.com
CEK-FAKTA | 13 Mei 2022 14:48 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar sebuah artikel yang memperlihatkan tenda yang roboh yang diklaim sebagai foto pesta pernikahan yang berubah menjadi duka karena 25 orang tewas termasuk kedua pengantin.

Artikel tersebut berjudul:

"Innalillahi Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang T3was Termasuk Kedua Pengantin Di Tempat. Semoga Husnul Khotimah, Aminn".

hoaks tenda ambruk saat pesta pernikahan sebabkan 25 orang meninggal
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, terkait klaim 25 orang meninggal dunia karena tenda roboh saat pesta pernikahan adalah keliru. Faktanya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian robohnya tenda pernikahan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara, Sulawesi Utara yang terjadi pada Minggu (18/10/2020).

Foto yang indentik dimuat di situs beritamanado.com pada 18 Oktober 2020 berjudul "Cuaca Buruk di Bolmut, Wabup Amin Lasena Nyaris Tertimpah Tenda Pernikahan yang Ambruk".

Dilansir dari artikel ini, hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) dalam kurun waktu 30 menit pada Minggu (18/10/2020), sekitar pukul 13:00 Wita, menyebabkan beberapa titik mengalami kerusakan.

Di Desa Vahuta, Kecamatan Bintauna, salah satu tenda pernikahan ambruk. Kepada BeritaManado.com, salah satu warga Sarif Ponongoa yang menyaksikan langsung kejadian tersebut mengatakan, para tamu undangan langsung berhamburan di tengah jalan, untuk menghindar dari tenda yang roboh.

"Tenda roboh saat pesta sedang berlangsung, saya sedang berada di bengkel tidak jauh dari lokasi pesta, tiba-tiba melihat tenda pernikahan itu roboh," ucapnya.

Bahkan, Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena juga nyaris menjadi korban. Diketahui, saat kejadian, Wabup Amin Lasena baru mulai membawakan sambutan.

Wabup Amin menjelaskan, saat itu tiba-tiba angin berhembus kencang menyebabkan terpal terlepas dari ikatan dan besi tenda mulai bergerak.

"Angin kencang sekali, seketika (tenda) langsung roboh. Kemudian ajudan langsung menarik saya," kata Amin.

Kesimpulan

Klaim 25 orang meninggal dunia karena tenda roboh saat pesta pernikahan adalah keliru. Faktanya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian robohnya tenda pernikahan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara, Sulawesi Utara pada Minggu (18/10/2020).

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://beritamanado.com/cuaca-buruk-di-bolmut-wabup-amin-lasena-nyaris-tertimpah-tenda-pernikahan-yang-ambruk/
https://turnbackhoax.id/2022/05/11/salah-foto-pesta-pernikahan-berubah-jadi-duka-25-orang-t3was-termasuk-kedua-pengantin-di-tempat/

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami