CEK FAKTA: Hoaks Video Jalur Wisata Gunung Bromo Amblas

CEK FAKTA: Hoaks Video Jalur Wisata Gunung Bromo Amblas
Ilustrasi Hoax. ©2017 Merdeka.com
CEK-FAKTA | 19 November 2021 16:37 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar video yang menampilkan jalanan amblas. Dalam video berdurasi 29 detik itu mengklaim peristiwa tersebut terjadi jalan menuju wisata Gunung Bromo.

Terlihat juga dalam video tersebut jalanan yang tinggal separuh karena longsor.

"Jalur Wisata Gunung Bromo amblas," tulis salah satu akun Facebook.

hoaks video jalur wisata gunung bromo amblas
Liputan6.com

Penelusuran

Setelah ditelusuri, dilansir dari ANTARA, Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur memastikan bahwa video amblasnya jalur wisata Bromo yang beredar secara luas di media sosial adalah informasi yang tidak benar atau hoaks.

"Kami sudah mengecek dan memastikan bahwa kabar amblesnya jalan di jalur wisata Gunung Bromo melalui Kabupaten Probolinggo tersebut hoaks atau disinformasi yang artinya penyampaian informasi yang salah (dengan sengaja) untuk membingungkan orang lain," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informartika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian dalam rilis yang diterima ANTARA di Kabupaten Probolinggo, Jumat.

Sebuah video yang memperlihatkan jalan ambles beredar dan tersebar secara luas di media sosial dengan penjelasan bahwa peristiwa tersebut terjadi di jalur wisata Gunung Bromo dan dalam video tersebut memperlihatkan jalan tinggal separuh karena longsor.

"Faktanya, peristiwa jalan ambles akibat longsor itu bukan terjadi di jalur wisata Gunung Bromo dan dipastikan kejadiannya terjadi di luar Kabupaten Probolinggo," tuturnya.

Ia menjelaskan jalur wisata Gunung Bromo melalui pintu masuk Kabupaten Probolinggo hingga Jumat pagi masih aman dan tidak ada jalan ambles, sehingga aman dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Memang ada sedikit longsor tapi longsoran kecil dan sudah dibersihkan oleh petugas, sehingga akses jalan menuju wisata Bromo bisa dilalui kembali, sehingga aman dan tidak ada jalan ambles," katanya.

Yulius mengimbau semua pihak untuk lebih bijak dalam bermedia sosial dan tidak menyebarkan informasi hoaks yang membuat masyarakat resah dan panik dengan beredarnya video tersebut.

"Saya imbau masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan dan hal itu meresahkan masyarakat di sekitar Gunung Bromo," ujarnya.

Kesimpulan

Video jalanan amblas yang diklaim terjadi di jalur wisata Gunung Bromo adalah tidak benar. Faktanya, peristiwa itu bukan terjadi di jalur wisata Gunung Bromo dan dipastikan kejadiannya terjadi di luar Kabupaten Probolinggo

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.antaranews.com/berita/2533281/pemkab-probolinggo-pastikan-video-amblesnya-jalur-wisata-bromo-hoaks

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami