CEK FAKTA: Hoaks Video Polisi China Latihan di Lippo Cikarang

CEK FAKTA: Hoaks Video Polisi China Latihan di Lippo Cikarang
Ilustrasi Polisi. ©2015 Merdeka.com
CEK-FAKTA | 26 Februari 2021 14:36 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Beredar video yang menyebutkan latihan polisi China di Lippo Cikarang. Informasi itu menyebutkan polisi atau tentara China diperbolehkan masuk ke Indonesia.

hoaks video polisi china latihan di cikarang
turnbackhoax

"BARU2 ini...
Ada apa di LIPPO CIKARANG, Polisi China Bisa Latihan Di Situ. Terbukti Bahwa Orang2 China Yg Masuk Indonesia Adalah Para polisi/tentara China. Ini sama saja Dgn Mengangkangi Kedaulatan Negara dan Harga diri Bangsa Yg Merdeka."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoaks berjudul "[SALAH] “Polisi China Latihan Di LIPPO CIKARANG?" pada 25 Ferbruari 2021, dijelaskan bahwa video tersebut bukan polisi China yang latihan di Lippo Cikarang.

SUMBER membagikan video rekaman pasukan Korps Brimob Polri yang sedang berlatih “urban warfare” dengan narasi yang memelintir konteks faktanya, dengan “modal” perekam video yang berbicara menggunakan bahasa asing.

hoaks video polisi china latihan di cikarang
turnbackhoax

Salah satu sumber video yang beredar sebelumnya pada 21 Februari 2021, SUMBER membagikan pada 24 Februari 2021.

Sumber video lainnya, unggahan pada 20 Februari 2021 dengan keterangan yang sudah dituliskan di dalam video.

Dalam artikel antaranews.com berjudul "Pasukan Gegana Korps Brimob Polri latihan "urban warfare" di Meikarta" pada 22 Februari 2021, dijelaskan bahwa Pasukan Gegana Korps Brimob Polri yang melakukan latihan di Cikarang.

Pasukan Gegana Korps Brigade Mobil Kepolisian Negara Republik Indonesia menggelar latihan berskala besar di wilayah perkotaan atau urban warfare di Distrik 1 Meikarta Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi untuk memelihara serta menjaga kesiapan operasional pasukan.

"Latihan urban warfare untuk mengantisipasi kejahatan berkadar serta berintensitas tinggi, utamanya yang menggunakan senjata api dan bahan peledak," kata Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri Brigjen Pol Reza Arief Dewanto dalam keterangannya di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan latihan ini sejak Sabtu (20/2) pagi hingga siang itu merupakan implementasi latihan besar-besaran di medan 'jungle' maupun 'rural area' atau wilayah perkotaan, khususnya 'large cities' atau 'medium size town'.

"Selama ini pelatihan baru bersifat parsial. Ini pertama kali kami melaksanakan pelatihan dengan judul besar, yakni urban warfare yang mengintegrasikan beberapa satuan dan spesifikasi kemampuan di dalam tubuh Pasukan Gegana ke dalam sebuah operasi, katanya.

Kesimpulan

Video polisi dan tentara China latihan di Lippo Cikarang adalah hoaks. Pasukan yang berada dalam video tersebut adalah Pasukan Gegana Korps Brimob Polri yang sedang berlatih di Meikarta.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/noe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami