CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut Keramaian di Gadog Saat Penyekatan PPKM Dibongkar

CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut Keramaian di Gadog Saat Penyekatan PPKM Dibongkar
Kemacetan karena Penyekatan. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo
CEK-FAKTA | 20 Juli 2021 12:39 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Video kerumunan masyarakat yang disebut dilakukan selama masa pandemi Covid-19 beredar di media sosial. Pengunggah video menyebut video diambil di lampu merah Gadog atau Puncak Bogor saat penyekatan dibongkar.

hoaks video kerumunan di bogor
istimewa

Penelusuran

merdeka.com melakukan penelusuran dengan menggunakan potongan video dan pencarian Yandex. Hasilnya, ditemukan video identik dengan yang tersebar di media sosial. Video itu ternyata sudah beredar sejak dua tahun lalu.

Potongan video yang ditemukan sama dengan foto dalam artikel beritaislam.org berjudul "Pertama Dalam Sejarah, Begini Penampakan Kemeriahan Pawai Obor #JakartaMuharramFestival". Artikel diunggah dua tahun lalu, atau pada tahun 2019.

Dalam artikel beritaislam.org dijelaskan bahwa ada 4.000 peserta pawai obor elektrik yang memeriahkan Jakarta Muharam Festival dari Silang Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia. Acara itu mulai ramai pukul 19.15 wib. Acara dilakukan pada 31 Agustus 2019.

Kemudian dalam artikel detik.com berjudul "Viral Video Dinarasikan Pawai Obor Jebol Penyekatan di Puncak, Ini Faktanya" pada 20 Juli 2021, dijelaskan bahwa kondisi Puncak, Bogor, masih kondusif.

Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Pranata mengatakan narasi pada video yang menyebut jebolnya penyekatan itu tidak benar. Video itu sendiri adalah video lama.

"Tidak benar, itu video lama," ujar Dicky saat dihubungi, Selasa (20/7/2021).

Dicky mengatakan kondisi Puncak, Bogor, pada malam tadi terpantau aman. Namun, dia mengakui ada sejumlah warga yang konvoi hendak lewat, tapi petugas langsung memutarbalikkan warga.

"Aman, sempat ada yang konvoi cuma oleh petugas langsung diputar balik," tuturnya.

Konvoi itu disebutkan terjadi sekitar pukul 21.30 WIB.

"Yang konvoi diputar balik jam 21.30," pungkasnya.

Kesimpulan

Video yang menyebut terjadi keramaian karena adanya pawai di Gadog, Bogor, Jawa Barat saat penyekatan adalah hoaks. Video sudah beredar sejak 2019. Video diambil saat ribuan masyarakat memeriahkan Jakarta Muharam Festival pada 31 Agustus 2019.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. (mdk/lia)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami